Profil Kamala Harris, Pendamping Calon Presiden AS Joe Biden

Rosmha Widiyani - wolipop Kamis, 08 Okt 2020 18:00 WIB
Kamala Harris, Cawapres Perempuan Kulit Hitam Pertama AS dari Keluarga Intelektual Foto: DW (News)/Profil Kamala Harris, Pendamping Calon Presiden AS Joe Biden
Jakarta -

Kamala Harris menjadi salah satu topik yang dibicarakan warganet selepas debat pada Rabu (7/10/2020) malam waktu Amerika. Senator Kamala Harris adalah calon wakil presiden yang mendampingi Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat yang dijadwalkan berlangsung 3 November 2020.

Beberapa peristiwa menarik terjadi selama debat, salah satunya Kamala Harris yang menolak diinterupsi saat berbicara. Dikutip dari The Independent, Mike Pence menginterupsi sepuluh kali sedangkan Kamala Harris melakukannya lima kali.

"Tuan Wakil Presiden, saya sedang bicara. Saya ingin bertanya pada masyarakat Amerika, seberapa tenang anda jika kehabisan tisu toilet. Bagaimana kondisi orang tua yang tidak bisa melihat anaknya karena khawatir risiko penularan penyakit," kata Kamala Harris yang mengkritisi kinerja Pence yang memimpin satuan tugas COVID-19.

Sebagai jaksa senior dan interrogator dalam komite senat, Kamala Harris dikenal memiliki pribadi yang tangguh dan tegas. Dikutip dari situs pribadinya, Kamala Harris terinspirasi ibunya Shyamala yang seorang aktivis, imigran, dan peneliti kanker payudara.

Kamala Harris yang berusia 55 tahun mengangkat sumpah sebagai senator mewakili California pada 2017. Sebagai senator wanita Afrika-Amerika kedua dan Asia Selatan-Amerika pertama dalam sejarah Amerika, Kamala Harris aktif di Homeland Security and Governmental Affairs Committee, Select Committee on Intelligence, Committee on the Judiciary, dan Committee on the Budget.

Perwakilan Partai Demokrat ini tumbuh di Oakland dan tertarik pada pergerakan serta berbagai hal terkait HAM. Kamala Harris belajar dari Thurgood Marshall, Constance Baker Motley, dan Charles Hamilton Houston untuk menjadi pribadi yang kuat sehingga bisa melindungi sesama.

Kamala Harris mendapat pendidikan hukum dari Howard University dan University of California, Hastings. Setelah itu memulai karir sebagai jaksa di Alameda County District Attorney's Office. Selanjutnya pada 2003, Kamala Harris terpilih sebagai District Attorney untuk City and County of San Francisco.

Selain itu, Kamala Harris adalah wanita Afrika-Amerika pertama yang terpilih sebagai California's Attorney General. Saat ini, Kamala Harris tinggal di Los Angeles bersama suaminya Doug Emhoff serta anak angkatnya Ella dan Cole Emhoff.

Debat wakil presiden, yang diikuti Kamala Harris, sebelumnya tidak banyak menarik perhatian warga Amerika. Namun Presiden Trump yang terinfeksi COVID-19 menyadarkan publik kondisi kandidat calon presiden.

"Publik sadar mereka memiliki dua calon presiden tertua dalam sejarah. Wakil presiden menjadi orang pertama yang mengambil alih urusan kenegaraan jika terjadi sesuatu dengan presiden. Siapa pun presiden dan wakil presiden yang terpilih harus siap dengan konsekuensi tersebut," tulis BBC yang dikutip detikcom pada Kamis (8/10/2020).

Masyarakat berharap debat Kamala Haris dan Wakil Presiden Amerika Mike Pence bisa memberi gambaran visi misi kedua pasangan. Diskusi dan penjelasan yang tepat memudahkan publik menentukan sikap.



Simak Video "Kristen Welker Panen Pujian Usai Jadi Moderator Debat Capres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)