Perusahaan Jepang Ini Tawarkan 4 Hari Libur dalam Seminggu untuk Karyawan

Hestianingsih - wolipop Kamis, 08 Okt 2020 15:51 WIB
Ilustrasi liburan di rumah.Sumber: Pixabay.com Ilustrasi liburan di rumah. Foto: Pixabay.com
Jakarta -

Umumnya perusahaan memberlakukan aturan 5-2 untuk karyawannya, yang berarti lima hari kerja dan dua hari libur dalam seminggu. Tapi perusahaan satu ini membuat aturan jam kerja yang berbeda. Bukan 5-2 melainkan 4-3 atau 3-4.

Mizuho Financial Group, salah satu perusahaan jasa finansial terbesar di Jepang, menawarkan semua karyawannya untuk memilih jam kerja sesuai keinginan. Karyawan bisa menentukan ingin mendapatkan empat hari kerja dan tiga hari libur, atau tiga hari kerja dan empat hari libur setiap minggunya.

Kebijakan 3-4 hari libur ini bersifat opsional dan berlaku untuk sekitar 45 ribu karyawan di cabang-cabang usahanya. Termasuk Mizuho Bank, Mizuho Trust and Banking, Mizuho Securities, dan tiga perusahaan lainnya di bawah naungan korporat Mizuho Financial.

Seperti dikutip dari Soranews24, aturan ini dibuat sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk mengembangkan gaya kerja baru. Termasuk beradaptasi dengan kondisi perkantoran yang budayanya kini berubah jadi sistem shift sejak pandemi virus Corona.

Tapi berkurangnya jam kerja juga berarti ada pengurangan gaji. Bagi karyawan yang memilih libur tiga atau empat hari dalam seminggu maka gajinya akan disesuaikan.

Untuk jadwal kerja 4-3 (empat hari masuk tiga hari libur), hanya akan menerima 80 persen dari gaji normal. Sementara jadwal 3-4 (tiga hari masuk empat hari libur) hanya akan menerima 60 persen gaji.

Tapi tentu itu semua opsional alias pilihan ada di tangan karyawan. Artinya perusahaan tetap membolehkan jika ada karyawan yang masih tetap ingin mempunyai jadwal kerja 5-2.

Sistem kerja ini baru akan diterapkan Mizuho Financial Group pada Desember 2020.



Simak Video "Digaji Rp 367 Juta, Ini Fasilitas Jadi Asisten Magang Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)