Ini Kota dengan UMR Paling Tinggi di Dunia, Sebulan Rp 67 Juta

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 02 Okt 2020 11:30 WIB
Jerman Keluarkan Peringatan Perjalanan untuk Jenewa dan Praha Foto: DW (News)
Jakarta -

Setiap daerah menetapkan UMR (Upah Minimum Regional) yang berbeda. UMR adalah standar gaji minimal yang harus dibayarkan dan bisa dijadikan patokan berapa rata-rata penghasilan dan kebutuhan hidup para warganya. Kota Jenewa pun tengah dicanangkan akan menjadi daerah dengan UMR tertinggi di dunia. Dalam setahun, para warganya bisa menerima lebih dari Rp 700 jutaan.

Jenewa, sebuah kota di Swiss dengan 500 ribu penduduk, akan menjadi kota dengan UMR tertinggi di dunia. Berdasarkan ketetapan baru, orang-orang Jenewa akan menerima £41,430 atau sekitar Rp 793 jutaan. Jika dihitung per bulan, mereka akan mendapatkan £3,500 atau Rp 67 jutaan.

Geneva cityscape of sunset in summer, SwitzerlandGeneva cityscape of sunset in summer, Switzerland Foto: (iStock)

Hal ini menjadi ketetapan baru setelah dilakukan referendum yang didukung oleh dua per tiga pengambil suara. Sebelumnya kenaikan UMR ini pernah ditolak sebanyak dua kali yakni pada 2011 dan 2014. Standar baru itu sendiri akan berlaku dalam waktu dekat yaitu 17 Oktober 2020.

Mengingat banyaknya gaji yang akan diterima setiap bulan mungkin banyak orang merasa iri atau terpikir ingin pindah ke Jenewa. Namun perlu diingat bahwa biaya hidup di Jenewa sendiri memang sudah tinggi bahkan menempati posisi kedua sebagai kota termahal di dunia menurut Expatistan.

Danau JenewaDanau Jenewa Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Karena tingginya biaya hidup, selama pandemi Corona para warganya pun dilaporkan mengalami kesulitan terlebih banyak yang menggantung penghasilan dari turis. Karena itu, banyak keluarga yang mengandalkan bantuan dari pembagian makan hingga antrean mengular.

Melihat situasi ini, kenaikan UMR terbaru diharapkan bisa membantu orang-orang di Jenewa, terutama 30 ribu pekerja dengan upah rendah yang kebanyakan adalah wanita.

(ami/ami)