Desainer Hijab Vivi Zubedi Bagi Tips Bangun Bisnis Selama Pandemi

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 28 Agu 2020 13:15 WIB
Gaya Syari Vivi Zubedi Pakai Khimar Foto: Dok. Vivi Zubedi
Jakarta -

Pandemi Corona membuat banyak orang kehilangan penghasilan bahkan pekerjaan. Masa sulit ini pun memaksa kita untuk mencari cara lain untuk bertahan namun dari sana ide dan peluang bisnis baru banyak muncul yang bahkan mungkin lebih menghasilkan dari pekerjaan terdahulu. Meski begitu, berbisnis kadang bukan sesuatu yang mudah dimulai dan langsung membuahkan hasil positif. Untuk itu, desainer hijab Vivi Zubedi memberikan tipsnya.

Vivi Zubedi adalah salah satu desainer yang tetap eksis dan meluncurkan koleksi selama masa pandemi COVID-19. Belakangan ia bahkan melebarkan sayap dengan meluncurkan rangkaian produk home dan eyewear. Dalam konferensi pers online kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia, Vivi sempat memberikan sarannya kepada sesama wanita yang ingin mencoba peruntungan berbisnis di saat sulit ini. Ia mengatakan kepercayaan diri adalah kuncinya.

"Berbisnis di saat pandemi yang pertama kita harus berani percaya diri dan berpikiran positif bahwa apa yang kita lakukan akan membuahkan hasil. Berbisnis itu harus ada chemistry, insha Allah ide akan berkembang dari situ. Langkah real-nya adalah sekarang banyak e-commerce yang bisa mempromosikan barang kita secara virtual," ungkap Vivi pada acara yang diadakan Kamis, (27/8/2020).

Hal lain yang disoroti oleh Vivi Zubedi saat ingin berbisnis apapun adalah memastikan jika produk memiliki 'nilai'. Dengan begitu, produk akan lebih menarik perhatian calon pelanggan.

"Modalnya adalah ketelatenan untuk mempelajari dunia digital. Usaha apapun baik kuliner, fashion, craft, kita berkompetisi dengan hal yang sama tapi kita juga harus punya value, bagaimana caranya kita menonjolkan value tersebut. Kita siapkan value untuk mengundang customer, dari situ saya yakin dari mulut ke mulut, dari digital, dan lapak e-commerce bisa berkembang. Perlahan nggak apa yang penting yakin dan punya chemistry," ujarnya.

Vivi Zubedi adalah salah satu desainer berbakat yang sudah sering memasarkan produknya dan menggelar fashion show ke mancanegara. Belakangan Vivi mengaku tengah mengembangkan bisnisnya untuk bisa lebih diterima di Timur Tengah. Untuk itu, Vivi memastikan jika produknya memenuhi standar internasional sehingga sukses menembus pasar internasional. Cara Vivi pun bisa menjadi inspirasi kamu yang ingin menjual produk ke luar negeri.

"Tantangannya adalah bagaimana saya harus membiasakan tim untuk memenuhi standar internasional. Setiap negara kan mempunyai standar kualitas yang berbeda jadi penting untuk mengenali standar produk agar di luar diterima. Yang penting adalah kualitas, lalu packaging, lalu bagaimana kita menaruh value dalam produk itu. Kalau sudah ada value-nya, insya Allah hasilnya bagus," kata Vivi.

Sedangkan dalam waktu dekat para hijabers bisa mendapatkan scarf terbaru untuk koleksi scarf spesial 'All About Scarf'. Salah satu seri dari rangkaian scarf tersebut adalah Archipelago Scarf yang dirilis bertepatan dengan bulan Kemerdekaan. Kali ini ia menggunakan satin silk dan voal premium dengan nuansa warna gelap dan earth tone yang netral.

(ami/ami)