Terungkap Gaya Hidup Orang Kaya Selama Pandemi, Bos FB sampai Jeff Bezos

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 17 Agu 2020 16:00 WIB
Mark Zuckerberg Bos Facebook Mark Zuckerberg. Foto: Getty Images/iStockphoto/heyengel
Jakarta -

Selama pandemi Corona, warga dunia diminta untuk menjauhi keramaian dan tidak bepergian. Tapi tampaknya tak harus selalu demikian untuk para orang kaya. Sebuah laporan mengungkap bahwa banyak elit Silicon Valley yang bisa tetap party hingga traveling. Dengan uang dan fasilitas yang mereka punya, para CEO dan investor tetap bisa menikmati hidup sementara kebanyakan orang di Amerika dan dunia terpaksa mengurung diri dalam rumah.

"Virus Corona adalah virus orang miskin. Orang-orang kaya ini tidak bisa menghentikan diri mereka sendiri. Mereka tidak bisa berhenti menggelar pesta dan bepergian dengan jet dan bersosialisasi seakan semuanya normal," kata para sumber kepada dalam laporan Vanity Fair.

Mark ZuckerbergMark Zuckerberg, pendiri Facebook. Foto: Associated Press

Silicon Valley merupakan julukan daerah di selatan San Francisco, California yang dikenal sebagai basis perusahaan besar dan industri di bidang teknologi. Tak heran jika banyak orang kaya yang tinggal di sana, termasuk CEO Facebook Mark Zuckerberg hingga co-founder Uber Travis Kalanick.

Sebelumnya tersebar foto bahwa Zuckerberg tengah berselancar dengan electric surfboard seharga $12 ribu (Rp 178 jutaan) ketika liburan bersama keluarga di Hawaii. Sumber pun menyebutkan jika Kalanick yang dikenal suka pesta tetap bisa menggelarnya meski dalam skala lebih kecil. Beberapa miliuner lain juga mengadakan perayaan di rumah sendiri atau sewa mansion dengan fasilitas rapid test sebelum mereka bisa masuk ke dalam.

Travis KalanickTravis Kalanick, co-founder Uber. Foto: Getty Images

Di tengah keadaan krisis yang tidak menentu bagi banyak orang, para investor Sillicon Valley juga dilaporkan sering kali menyewa mansion di Palm Spring berbiaya $50 ribu (Rp 745 jutaan) sebulan untuk berpesta meski sedang pandemi Corona. Sementara jika bosan di rumah mewah mereka, sebagian orang super kaya itu terbang dengan pesawat pribadi untuk liburan, termasuk Mark Zuckerberg.

Sumber lain mengungkap beberapa CEO membayar banyak uang agar bisa terbang ke negara lain untuk melarikan diri bersama dari Amerika Serikat di mana kasus COVID-19 sedang memuncak. Karena itu, permintaan untuk menyewa pesawat jet meroket selama pandemi. Dilansir NetJets, kenaikannya mencapai 60% dibandingkan tahun lalu.

SUN VALLEY, ID - JULY 13: Jeff Bezos, chief executive officer of Amazon, arrives for the third day of the annual Allen & Company Sun Valley Conference, July 13, 2017 in Sun Valley, Idaho. Every July, some of the world's most wealthy and powerful businesspeople from the media, finance, technology and political spheres converge at the Sun Valley Resort for the exclusive weeklong conference. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)Jeff Bezos, CEO Amazon. Foto: Drew Angerer/Getty Images

Sementara banyak orang merasa kesulitan ekonomi, sejumlah elit Silicon Valley dikabarkan tidak bermasalah dengan finansial. Dilaporkan bahwa pemilik Amazon Jeff Bezos baru-baru ini membeli rumah di Beverly Hills yang letaknya bersebelahan dengan rumah yang dibelinya enam bulan sebelumnya. Selain Bezos, beberapa bos teknologi seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffet, dan Larry Ellison juga mengalami kenaikan kekayaan selama beberapa bulan belakangan.

(sra/sra)