Fakta-fakta Kamala Harris, Cawapres Wanita Kulit Hitam Pertama di AS

Hestianingsih - wolipop Rabu, 12 Agu 2020 12:47 WIB
Senator Kamala Harris (D-CA) speaks to reporters after the Senate reached an agreement to end the shut down of the federal government on Capitol Hill in Washington, U.S., January 22, 2018.      REUTERS/Joshua Roberts Joe Biden dan Kamala Harris. Foto: AFP
Jakarta -

Kamala Harris jadi calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat mendampingi Joe Biden membuat Donald Trump terkejut. Seperti dilansir AFP, Sang Presiden menyebut dirinya sebagai anggota Senat AS 'paling mengerikan'.

Seperti diberitakan sebelumnya, Joe Biden menunjukan Senator Kamala Harris sebagai cawapres di Pemilihan Presiden 2020. Penunjukan wanita 55 tahun ini merupakan komitmennya untuk memilih cawapres wanita.

Seperti apa profil senator dari Partai Demokrat ini?

1. Berasal dari Keluarga Imigran

Kamala Harris lahir di Oakloand, California, dari ayah-ibu imigran keturunan India dan Jamaika. Setelah orangtuanya bercerai dia dibesarkan sendiri oleh ibunya, Shyamala Gopalan Harris, seorang peneliti kanker dan aktivis hak sipil.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Jaksa Agung California ini cukup lekat dengan budaya Hindu dan India karena kerap mengunjungi negara tersebut. Namun menurutnya sang ibu juga mengadopsi budaya orang kulit hitam di Oakland dalam pengasuhan Kamala dan adiknya, Maya.

Senator Kamala Harris (D-CA) speaks to reporters after the Senate reached an agreement to end the shut down of the federal government on Capitol Hill in Washington, U.S., January 22, 2018.      REUTERS/Joshua RobertsSenator Kamala Harris (D-CA) speaks to reporters after the Senate reached an agreement to end the shut down of the federal government on Capitol Hill in Washington, U.S., January 22, 2018. REUTERS/Joshua Roberts Foto: REUTERS/Joshua Roberts

2. Sempat Mencalonkan Diri Jadi Presiden

Kamala Harris merupakan sosok yang cukup banyak mendapat sorotan karena pada tahun lalu, dia mencalonkan diri sebagai presiden. Pencalonan itu diikuti dengan respons positif karena kala itu ia dianggap sebagai kandidat kuat dalam Pilpres 2020.

Menariknya, istri dari seorang pengacara Douglas C. Emhoff ini pernah berselisih pendapat dengan Joe Biden saat debat utama perdana pada Juni 2020. Menurut Kamala Harris pandangan masa lalu Joe Biden yang menentang desegregasu sekolah melalui aturan wajib naik bus menyakitkan.

3. Wanita Kulit Hitam Pertama di Pilpres

Kamala Harris menjadi wanita kulit hitam pertama yang ikut dalam Pilpres AS. Ia dinilai dapat menarik pemilih wanita, khususnya mereka yang ada di pinggiran Amerika Serikat dan telah menjauh dari Donald Trump. Ia juga dikenal sebagai pendukung gerakan ant-rasisme.

Kamala pernah berpendapat soal ras yang mengalir dalam darahnya, bahwa ia selalu nyaman dengan identitasnya, dan menjelaskan dirinya sendiri sebagai 'Orang Amerika Sejati'. Pada 2019, Kamala Harris pernah menekankan bahwa politisi seharusnya tidak perlu dikotak-kotakkan berdasarkan warna kulit atau latar belakang.

"Poin saya: Saya adalah saya apa adanya. Dan saya oke dengan itu. Anda mungkin perlu mencari tahu (latar belakang), tapi saya tidak masalah dengan itu," tuturnya kepada Washington Post.

Pilpres AS: 'Kamala Harris hingga Michelle Obama', 13 perempuan yang berpotensi jadi cawapres AS dampingi BidenPilpres AS: 'Kamala Harris hingga Michelle Obama', 13 perempuan yang berpotensi jadi cawapres AS dampingi Joe Biden. Foto: BBC World

4. Wanita Pertama Jadi Jaksa Agung California

Kamala Harris merupakan wanita kulit hitam pertama yang terpilih menjadi jaksa wilayah dalam sejarah California. Pencapaian lain yang didapatkannya adalah menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Jaksa Agung California sekaligus keturunan India pertama yang jadi Senator Amerika Serikat.

Tak perlu waktu lama bagi Kamala Harris untuk merangkak naik dari jaksa penuntut menjadi seorang senator. Hanya dalam beberapa bulan. Hal inilah yang membuat sosoknya jadi daya tarik khalayak umum dan memuluskan jalannya terpilih sebagai cawapres.

5. Arti Nama Kamala Harris

Meskipun dikenal luas dengan nama Kamala Harris, ia memiliki nama lengkap Kamala Devi Harris. Nama depannya, Kamala, memiliki makna yang indah. Dalam bahasa Sansekerta, Kamala mengandung arti 'lotus' atau 'bunga teratai'. Kamala juga julukan lain untuk Lakshmi, dewi kesejahteraan, keberuntungan dan keindahan dalam agama Hindu.

Sementara Devi dalam bahasa Sansekerta berarti 'dewi', tapi juga merupakan nama Dewi Hindu, yakni ibu dari semua dewi. Devi dipandang sebagai dewi yang mencakup seluruh dunia kewanitaan, punya kemampuan mengayomi dan penjaga desa, tapi juga memiliki sisi garang. Tidak hanya bisa menciptakan dunia tapi juga menghancurkannya.

Ada alasan kenapa ibu Kamala Harris memberikan nama anaknya dengan nama dewi-dewi Hindu.

"Budaya yang menyembah dewi-dewi akan mengasilkan wanita tangguh," tuturnya seperti dikutip dari Los Angeles Times.



Simak Video "Kamala Harris Sebut Nama Ibunya di Pidato Kemenangan Wapres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)