Hari Pertama Masuk Sekolah, Ini Tipsnya agar Anak Lebih Semangat

Lusiana Mustinda - wolipop Senin, 13 Jul 2020 06:00 WIB
Beautiful little girl writing homework using notebook for distance learning in the kids room. Distance online learning concept. Hari pertama masuk sekolah. Foto: Getty Images/iStockphoto/lithiumcloud
Jakarta -

Hari pertama masuk sekolah akan dimulai pada Senin (13/07/2020). Beberapa sekolah yang berada di zona hijau sudah memberlakukan sistem tatap muka dalam proses pembelajaran.

Akan tetap masih banyak juga siswa-siswa yang belajar dari rumah. Belajar di rumah tentu menjadi salah satu tantangan untuk para orang tua. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) telah menyiapkan modul pembelajaran jarak jauh. Tentu modul ini diharapkan agar para siswa dapat belajar secara mandiri di rumah.

Di hari pertama masuk sekolah ini tentu bunda dan ayah bisa menyiapkan beberapa persiapan agar anak-anak yang belajar di rumah atau sekolah semakin semangat. Dan pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid-19 berlangsung.

Berikut tips yang bisa diterapkan:

1. Belanja Keperluan Sekolah


Meskipun anak-anak masih belajar di rumah, tak ada salahnya membelikan keperluan sekolah untuknya. Bunda bisa membeli alat-alat tulis secara online yang disukai anak. Dikutip dalam Scholastic, membeli keperluan sekolah bisa membantu anak-anak belajar lebih semangat.

Alat tulis sederhana yang bisa dibeli adalah pensil, buku tulis, hingga penghapus dan penggaris.

2. Siapkan Lingkungan Belajar yang Nyaman


Setiap rumah berbeda, tetapi yang penting adalah menyiapkan ruang yang tenang dan nyaman untuk belajar. Jika memungkinkan, pembelajaran bisa dilakukan di ruang santai atau ruang makan. Ruangan ini lebih disukai daripada kamar tidur. Dan pastikan ruangan yang dipilih memiliki jaringan internet yang kuat agar proses belajar online lebih optimal.

3. Menetapkan Rutinitas


Kalau biasanya tradisi ajaran baru adalah mengantar anak ke sekolah. Tentu di era pandemi ini agak berbeda. Meski tak mengantar anak ke sekolah, sebaiknya tetatapkan rutinitas dan harapan kepada anak.

Misalnya saja mengecek pekerjaan sekolah anak untuk memperjelas dan memahami instruksi yang mereka dapatkan dari guru mereka. Selain itu membantu anak-anak mengatur diri mereka sendiri dan menetapkan prioritas untuk pembelajaran mereka di rumah.

4. Bangun Komunikasi yang Baik


Di hari pertama masuk sekolah dan hari berikutnya, peranan orang tua tetap harus membangun komunikasi yang baik. Biasakan melakukan check tugas anak di pagi dan siang hari.

Tanyakan apa pelajaran hari ini dan kira-kira apa saja yang dibutuhkan. Dan di sore hari Bunda bisa mengecek tugas-tugas apa saja yang sudah dan yang belum diselesaikan.

5. Siapkan Makanan Bergizi


Makanan bergizi dan enak tentu bisa membuat anak lebih semangat. Hari pertama masuk sekolah agar semangat, Bunda bisa menyiapkan makanan kesukaan anak. Tentunya pilih makanan yang bergizi, dimana di dalamnya sudah ada makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan juga serat.





Simak Video "5 Tips Aman ala dr Reisa agar Terhindar COVID-19 Saat Terima Paket"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)