7 Cara Membuat CV yang Menarik dan Kreatif, Dijamin Curi Perhatian HRD

Puti Yasmin - wolipop Rabu, 08 Jul 2020 06:00 WIB
Young smiling cheerful woman holding her resume Foto: Thinkstock/Cara Membuat CV yang Menarik
Jakarta -

Saat melamar kerja, CV (Curriculum Vitae) atau riwayat hidup menjadi salah satu dokumen penting yang harus disertakan sebagai bahan pertimbangkan rekrutmen atau HRD. Maka dari itu, dokumen harus terlihat apik dengan cara membuat CV yang menarik.

Biasanya, CV berisikan profil hingga pengalaman kerja. Template CV bisa didapatkan atau juga dibuat secara online. Selain itu tersedia juga aplikasi membuat CV atau kamu juga bisa membuat secara manual di Microsoft Word.

Businesswoman Interviewing Male Candidate For Job Holding Pen With Digital Tablet On TableIlustrasi Cara Membuat CV yang Menarik Foto: Thinkstock

Berikut cara membuat CV untuk fresh graduate dikutip dari buku 'Sukses Dapat Kerja Jalur Online' karya Aresto YS:

1. Tulis Profil yang Lengkap dan Jelas

Profil menjadi bagian yang penting yang harus dituliskan di dalam CV agar menarik. Dengan data yang lengkap dan jelas, para rekrutmen tidak akan kesulitan saat akan menghubungi kamu. Sebaiknya, isi data profil sesuai dengan kartu identitas, mulai dari nama, tanggal lahir, dan tempat tinggal.

2. Pakai Foto yang Pas

Foto menjadi unsur yang sangat penting dalam membuat CV terlihat menarik. Pastikan bahwa foto yang dipasang dalam CV terlihat profesional mulai dari pakaian hingga penampilan sehingga dapat semakin meyakinkan calon rekrutmen.

3. Tulis Kemampuan yang Dimiliki

CV menjadi ajang 'menjual' diri kepada perusahaan tempat kita melamar. Maka dari itu, calon pelamar harus menulis skill atau kemampuan yang berhubungan dengan lowongan yang dilamar di perusahaan tersebut.

Yakin kan para rekrutmen bahwa kamu menguasai semua keterampilan yang tertulis dalam CV dan layak menjadi bagian dari perusahaan. Salah satu caranya dengan menyertakan ijazah atau sertifikat.

4. Jelaskan Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan

Agar semakin meyakinkan para HRD, pelamar bisa menuliskan riwayat pendidikan terbaru dan pekerjaan yang pernah dilakukan. Sebaiknya, jelaskan dengan lengkap seperti nama perusahaan tempat bekerja, posisi, periode kerja, hingga deskripsi singkat tanggung jawab pekerjaan pada posisi tersebut.

5. Ringkas

Sebisa mungkin, pastikan bahwa CV yang kamu tulis ringkas dan tidak bertele-tele sehingga poin langsung dapat ditangkap rekrutmen. Namun, pastikan tidak ada sisi informatif dan daya tarik yang kamu hilangkan agar tetap terlihat formal dan jelas.

Businesswoman holding documentCara Membuat CV yang Menarik Foto: Thinkstock

6. Cek dan Ricek

Kesalahan yang tertulis dalam CV bisa menjadi penilaian kurang dari rekrutmen. Sebab, CV menjadi gambaran kita sebagai calon pelamar sehingga tidak boleh ada kesalahan ketik atau penggunaan bahasa yang kurang tepat.

Sebelum mengirim CV sebaiknya cek dan ricek lagi dengan dibaca. Ada baiknya juga meminta teman yang lebih berpengalaman untuk meminta pendapat serta kritik.

7. Tulis dengan Jujur

Cara membuat CV yang menarik terakhir adalah menuliskan semua informasi dengan jujur. Jangan membuat kamu sebagai calon pelamar tergoda untuk melebih-lebihkan karena ketatnya kompetisi mencari kerja.

Kecurangan yang dilakukan dalam membuat CV dapat berhubungan dengan perusahaan yang lain sehingga mencoreng nama kita sebagai pelamar. Selamat mencoba cara membuat CV yang menarik!



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)