Bisa Dipelajari, Pakar Percaya Diri Ungkap 5 Cara Jadi Orang Karismatik

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 30 Jun 2020 11:00 WIB
young asian businesswoman standing in office with multiethnic colleagues talking in background. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kamu pasti pernah bertemu seseorang yang entah bagaimana tampak berkarisma. Bukan selalu karena wajah atau gaya busana, tak jarang karisma datang dari kepribadian. Sebagian orang mungkin lahir dengan sesuatu yang membuat mereka lebih 'bercahaya'. Tapi bukan berarti jadi karismatik tidak bisa dipelajari. Seorang pakar percaya diri mengungkap rahasianya bikin orang jadi magnet dalam ruangan. Berikut lima cara jadi orang karismatik dengan aura positif.

1. Ngobrol dengan Diri Sendiri
Brooke Lindsay adalah pakai kepercayaan diri yang sering unggah video di YouTube. Dalam sebuah video terbarunya, ia pun berbicara bagaimana cara membuat impresi baik pada setiap orang. Selain untuk pergaulan, hal ini tentu juga penting untuk karier. Salah satu cara pertamanya adalah dengan ngobrol dengan diri sendiri.

"Apa yang kamu katakan pada dirimu sendiri mencerminkan dan berdampak pada kamu percaya diri di sekitar orang lain. Hanya jika kamu percaya pada diri sendiri kamu bisa lebih percaya diri dan berkarismatik," kata Brooke.

Apa yang harus dikatakan pada diri sendiri? Yakinkan bahwa kamu adalah orang yang berharga, pintar, dan rupawan dengan cara kamu sendiri. Hal ini juga perlu dilakukan dengan mengenal diri sendiri untuk mengetahui apa saja kelebihan-kelebihan diri yang bisa 'dijual'.

2. Jangan Jadi 'Mean Girl'
Brooke mengatakan kamu juga harus menyingkirkan 'inner mean girl' dalam diri. Menurut Brooke banyak wanita jadi bersikap 'judes' atau tertutup bukan karena sengaja. Mereka melakukannya karena lingkungan yang terus saja mengatakan mereka tidak cukup baik. Untuk itu, buang anggapan bahwa kamu bukan orang 'bersinar' untuk meningkatkan percaya diri dan aura positif.

3. Perbaiki Bahasa Tubuh
Tak jarang orang yang punya karisma dan aura positif memiliki bahasa tubuh khas. Gestur pun menjadi hal kedua yang perlu kamu perbaiki setelahnya. Tak perlu mencoba menjadi orang lain, mulai perbaiki bahasa tubuh dengan kontak mata hingga menggunakan tangan ketika berbicara.

"Pertimbangkan kontak mata, bagaimana kamu menggunakan tangan ketika kamu berbicara, jika tanganmu disilang, ekspresi wajah dan bagaimana kamu membuka diri akan berpengaruh. Berdirilah dengan tegap, ingatkan dirimu sendiri bahwa kamu punya hal-hal penting untuk dikatakan," ujarnya.

4. Berani Bicara
Orang yang bicara dengan percaya diri akan tampil lebih karismatik dan magnetik. Orang yang cenderung pemalu mungkin akan sulit untuk mengusahakannya tapi hal ini patut dilakukan. Mengemukakan pendapat dengan lantang juga bisa membuat kamu dipercaya oleh atasan di tempat kerja.

"Berbicara dengan percaya diri datang dari mengetahui bahwa kamu pantas dan mengerti apa yang kamu ingin tambahkan dalam percakapan itu berarti. Ambil langkah kecil dan ketahui apa yang cocok untukmu, itu bisa saja seperti bercanda atau menyetujui pendapat seseorang lalu bangun topik," kata Brooke.

5. Bikin Orang Lain Nyaman
Orang yang karismatik biasanya tak hanya fokus pada diri sendiri. Mereka umumnya juga jago dalam membuat orang lain merasa nyaman bahkan lebih terbuka. Salah satu kuncinya adalah dengan mendengar dan merespon orang dengan baik. Jika orang tersebut merasa didengar dan diperhatikan, tidak jarang mereka akan lebih percaya pada kamu untuk urusan pekerjaan.



Simak Video "Pentingnya Percaya Diri dalam Gaya Berpakaian "
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)