Kuliah atau Kerja Dulu? Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan

Tim Wolipop - wolipop Rabu, 24 Jun 2020 08:30 WIB
Young man working on the laptop at night Foto: ilustrasi/thinkstock/Kuliah atau Kerja Dulu? Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan
Jakarta -

Kamu sudah lulus sekolah. Tapi masih bingung memikirkan mau kuliah atau kerja. Jangan bingung-bingung. Artikel di bawah ini bisa memberikan pencerahan kepadamu.

Dalam buku bertajuk 'Masuk PTN Itu Gampang' karya Andhika Putra Sudarman' disebutkan kenapa sekolah itu penting:

1. Gelar

Mungkin akan banyak reaksi yang muncul di pikiran kalian saat membaca alasan ini.
"Loh, kok gelar sih? Gua kan pintar. Zaman sekarang itu yang penting adalah cerdas! Hei, wake up, Bro! Be realistic! Sejenius apa pun seseorang, hal yang pertama dilihat saat melamar pekerjaan adalah gelar dan lulusan mana."

Di samping itu, banyak pekerjaan yang memang mensyaratkan gelar tertentu, seperti dokter, pengacara, ilmuwan, atau pilot. Semua pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian dan gelar. Kalau sudah meraih gelar tertentu, kamu pasti bisa mendapat lebih banyak pilihan atau kesempatan.

2. Networking

Kampus itu guede banget. Di kampus, kita bisa bertemu banyak orang baru yang datang dari berbagai tempat yang berbeda. Orang-orang baru tersebut membawa latar belakang, kecerdasan, minat, dan potensi yang sangat bervariasi sehingga bisa menjadi penyedia jaringan pertemanan paling luas. Di usia young adult nanti, kamu bisa mempunyai banyak kenalan yang bakal sangat membantu dan membuka mata kalian.

3. Jodoh

Asal mula hubungan percintaan adalah pertemanan. Walaupun tidak semua pertemanan berakhir dengan hubungan percintaan.

Tapi kesimpulan yang paling logis adalah jika kampus merupakan tempat yang menawarkan paling banyak hubungan pertemanan maka kampus juga bisa menjadi tempat dengan kemungkinan yang paling tinggi untuk bertemu dengan sang kekasih. Tanpa pertemuan tersebut, bagaimana seorang calon kekasih bisa menjadi kekasih?

4. Inteligensi

Kuliah menyediakan kesempatan yang sangat luas untuk mengembangkan diri. Kita akan bertemu berbagai macam teori yang sebenarnya sudah kita rasakan, tapi belum disadari sebelumnya. Kita juga akan bertemu dengan begitu banyak orang yang memiliki tingkat keingintahuan dan inteligensi tinggi.

Kita akan bertemu dengan orang-orang pintar yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Dengan bertemu orang-orang tersebut, kita tentu akan terdorong untuk bisa berpikir lebih kritis dan dewasa. Di samping itu, kita juga akan bertemu dengan banyak orang yang datang dengan latar belakang berbeda sehingga kita bisa mempelajari cara berkomunikasi yang baik.


Kalau pun kamu memilih kerja, berikut pertimbangannya:

1. Memiliki Penghasilan

Bekerja usai lulus SMA bisa menjadi pilihan baik. Salah satunya kamu dapat memiliki penghasilan. Namun jangan dibayangkan kamu mendapat penghasilan yang gede. Penghasilan lulusan SMA sekitar Rp 2-3 juta

Dengan memiliki penghasilan, kamu sudah mandiri secara finansial. Kamu bisa mengatur sendiri uang gaji untuk kebutuhan. Selalu menabung untuk masa depan kamu nantinya. Jangan meminta uang lagi pada orangtua karena kamu sudah memiliki penghasilan sendiri. Alangkah baiknya jika kamu memberi uang pada orangtua.

2. Karier Terbatas

Jika bekerja saat lulus SMA, jangan terlalu berharap karier lebih. Karier kamu akan terbatas karena akan bersaing dengan lulusan S1 yang sudah ada.

Persaingan di dunia kerja memang tinggi. Kamu juga akan dituntut bekerja lebih kompeten. Bekerja lembur adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan karier.

3. Memiliki Pengalaman

Bekerja usai lulus SMA sudah pasti kamu akan mendapat pengalaman berharga. Jangan malas bertanya jika kamu tidak mengetahui tentang sesuatu. Jika tidak bertanya, terpaksa kamu akan mempelajarinya sendiri dan itu akan memperlambat laju kerjamu.

Pengalaman di tempat kerja jangan disia-siakan. Minimal pengalaman kerja 1-2 tahun. Hal inilah yang akan menjadi pertimbangan gaji jika kamu bekerja di tempat lain.

Kalau pun kamu mau tetap kuliah, kamu bisa kerja sambil kuliah. Manfaatkan beasiswa dari kantor jika ada. Jika tidak ada, cari waktu terbaik agar kamu bisa tetap kuliah sambil kerja. Jangan lupa untuk meminta izin atasan jika ingin kerja sambil kuliah.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)