7 Skill yang Bisa Dipelajari Selama Corona untuk Menambah Penghasilan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 18 Jun 2020 16:24 WIB
Woman using laptop sitting at office Foto: Thinkstock
Jakarta -

Tak semua orang benar-benar menganggur selama karantina Corona. Beberapa tetap belajar atau bekerja namun tentunya lebih banyak waktu luang karena tidak harus bepergian. Banyaknya waktu senggang yang mungkin tidak akan datang lagi di masa depan ini baiknya tidak disia-siakan. Selain streaming drama atau film, pelajari juga beberapa kemampuan yang bisa bikin kamu lebih 'berharga' saat cari kerja. Berikut tujuh di antaranya.

Bahasa
Salah satu kemampuan paling mudah dipelajari sendiri selama karantina Corona adalah bahasa. Apalagi pintar berbahasa asing punya nilai yang cukup tinggi dalam dunia kerja. Tak perlu datang ke tempat les atau menyewa guru ke rumah, berkat internet kini kamu bisa mempelajarinya sendiri berbekal handphone atau komputer. Banyak tersedia aplikasi dan video tutorial yang bisa jadi cukup bekal.

Belajar bahasa baru selama pandemi Corona pun bisa sejalan dengan hobi lain yang sering kamu lakukan di waktu ini. Yakni menonton film atau drama dari negara yang bahasanya sedang dipelajari. Dari video-video tersebut. kamu bisa mempelajari bahasa itu dalam bentuk percakapan sehari-hari yang bisa memudahkan komunikasi.

Masak

Ilustasi seorang wanita yang sedang memasak sayur di dapurnyaIlustasi seorang wanita yang sedang memasak sayur di dapurnya Foto: Thinkstock

Selain belajar bahasa, memasak menjadi kemampuan yang banyak dipelajari selama pandemi Corona. Tidak bisa pergi ke restoran, banyak orang beralih ke dapur sendiri untuk membuat makanan atau minuman enak sendiri. Mungkin kemampuan ini tidak selalu bisa dimasukkan dalam CV tapi bukan berarti kurang penting. Dengan belajar masak, mungkin saja kamu bisa membuka bisnis baru yang justru lebih banyak mendatangkan uang dibanding kerja kantoran.

Coding
Bicara mengenai kemampuan baru yang bisa menunjang di dunia kerja, coding adalah salah satunya. Di masa depan, diprediksi jika coding masih akan menjadi kemampuan yang banyak dicari. Kemampuan ini bisa dipelajari sendiri selagi ada banyak waktu luang hanya dengan berbekal komputer dan internet paling tidak untuk hal-hal dasarnya. Kemampuan ini cocok untuk kamu yang ternyata merasa lebih nyaman bekerja di rumah dan ingin beralih ke pekerjaan terkait coding.

Fotografi

Ilustrasi kamera fotograferIlustrasi kamera fotografer Foto: Shutterstock

Punya kamera tapi merasa tidak bisa mengoperasikannya dengan maksimal? Hal ini dapat dipelajari selama masa PSBB. Kamu yang ingin meningkatkan kemampuan fotografi bisa mulai menonton video tutorial atau bereksperimen sendiri dengan berbagai setting-nya. Bukan hanya yang ingin jadi fotografer, kemampuan ini patut dipelajari untuk sekadar memperindah media sosial.

Melukis/ Menggambar
Selama Corona, banyak orang berapa orang mencari jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah tanpa tatap muka. Pekerjaan yang melibatkan menggambar atau melukis pun bisa dipertimbangkan. Kamu yang sudah suka atau punya ketertarikan pada bidang seni ini juga bisa memperdalam teknik dengan membuka pesanan mendesain.

Seni Kreasi

Women sewing protective mask, Quebec, CanadaWomen sewing protective mask, Quebec, Canada Foto: Getty Images/lisegagne

Banyak orang beralih ke hobi lama mereka untuk mengisi waktu luang selama Corona. Beberapa memilih hobi-hobi klasik, seperti menjahit, menyulam, atau membuat aksesori. Kamu pun bisa mencoba dan memperdalam kemampuan ini. Bukan tidak mungkin hobi-hobi itu akan mendatangkan penghasilan ekstra selama pandemi Corona, misalnya dengan membuat masker kain unik.

Sertifikasi Sesuai Bidang Kerja
Ingin jadi lebih ahli dalam pekerjaan kamu? Cari institusi yang bisa memberikan sertifikasi sesuai bidang masing-masing. Yang dibutuhkan tentu hanya komputer, internet, dan persiapan pengetahuan agar bisa lulus ujiannya. Di bidang teknologi atau marketing, kamu bisa mendapat sertifikasi dari Digital Garage by Google, untuk digital marketing ada Google Analytics Academy, sedangkan untuk iklan ada Google Academy for Ads hingga Facebook Ad Certification.



Simak Video "Perceraian Meningkat saat Pandemi, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)