Seperti dalam Drakor, Ini 7 Sosok Chaebol yang Mewarisi Perusahaan Orangtua

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 18 Jun 2020 07:30 WIB
tas yang dipakai Son Ye Jin di drakor Crash Landing On You Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Penggemar drama Korea pasti sudah familiar dengan kata 'chaebol'. Chaebol sering hadir dalam banyak drama mulai Secret Garden, Boys Over Flower, The Heirs, What's Wrong with Secretary Kim hingga Crash Landing On You.

Secara singkat, Chaebol bisa diartikan sebagai konglomerat industri yang menguasai pasar di Korea. Dalam banyak drama Korea populer, hampir selalu ada karakter anak chaebol yang diceritakan bisa membeli segalanya dan jadi pewaris perusahaan. Karenanya, banyak orang penasaran seperti apa sosok chaebol di kehidupan nyata. Berikut tujuh anak chaebol yang jadi perhatian publik di Korea.

1. Koo Kwang-mo, LG Group

chaebol dunia nyatachaebol dunia nyata Foto: Youtube

Di Korea, kebanyakan perusahaan memang akan diteruskan oleh keluarga. Salah satu perusahaan chaebol yang mewariskan tahta kepada anak pendirinya adalah LG. Setelah Koo Bon Moo meninggal di 2018, LG dipimpin oleh Koo Kwang Mo di usia 40 tahun.

Dilansir SCMP, Koo Kwang Mo adalah pemimpin yang cerdas, sopan, dan berpikiran terbuka. Tak jarang ia terlihat di kantin perusahaan sedang makan mie instan. Koo Kwang Mo sebenarnya adalah keponakan Koo Bon Moo tapi ia diadopsi dan menjadi penerus perusahaan yang dikenal banyak memproduksi gadget itu.

2. Kim Dong Kwan, Hanwha Group

chaebol dunia nyatachaebol dunia nyata Foto: Youtube

Tak seperti Koo Kwang Mo, Kim Dong Kwon belum resmi menjadi bos besar tapi diprediksi akan menjadi pewaris Hanwha Group. Pasalnya ia merupakan anak pertama CEO Kim Seung Yoon terlebih sudah menjadi pemilik saham terbanyak kedua. Kim diketahui kuliah Harvard jurusan pemerintahan sebelum mulai bekerja di perusahaan ayahnya.

Berbeda dengan ayah dan adiknya yang pernah dituduh melakukan kekerasan, Kim dikenal lebih ramah dan tenang. Ia pun memilih wanita yang berbeda dari kebanyakan anak konglomerat Korea. Kim Dong Kwan menikah dengan wanita yang pernah bekerja di perusahaan Hanwha dan tidak datang dari keluarga chaebol. Sebelum menikah, mereka sudah berpacaran selama 10 tahun.

3. Park Seo Won, Doosan

chaebol dunia nyatachaebol dunia nyata Foto: Youtube

Sosok Park Seo Won mencuri atensi publik karena berbeda dari kebanyakan chaebol. Meski memang anak dari CEO Doosan Park Young Man, ia memilih jalan karier di bidang industri kreatif. Park yang kuliah desain di School of Visual Arts, AS itu pun memenangkan banyak penghargaan iklan internasional.

4. Chung Kyung-sun, Hyundai

chaebol dunia nyatachaebol dunia nyata Foto: Youtube

Chung Kyung Sun adalah cucu dari pendiri Hyundai yang disebut sebagai industri legendaris Korea. Ayahnya merupakan pemimpin Hyundai Marine & Fire Insurance. Tak heran jika Chung Kyung Sun juga bergerak di bidang bisnis. Ia pun mendirikan Root Impact di 2015 yang membuat coworking space. Chung sendiri dilaporkan tengah melanjutkan gelar MBA di Columbia University.

5. Choi Min Jeong, SK Group

chaebol dunia nyatachaebol dunia nyata Foto: Youtube

Salah satu anak bos SK Group ini jadi perbincangan karena pilihan karier yang tak biasa. Meski ayahnya pemilik perusahaan yang masuk tiga besar konglomerat di Korea, Choi Min Jeong tertarik untuk masuk sekolah tentara angkatan laut. Publik pun salut dengan Choi karena banyak anak chaebol yang justru menghindar dari wajib militer.

Dilaporkan bahwa Choi sempat bertugas di wilayah-wilayah berisiko seperti perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Ia sendiri merupakan lulusan Universitas Peking dan dilaporkan kini bekerja untuk perusahaan SK Hynix serta jadi peneliti tamu di Center for Strategic and International Studies di Amerika Serikat.

6. Ham Yeon Ji, Ottogi

chaebol dunia nyatachaebol dunia nyata Foto: Youtube

Tak semua anak chaebol tertarik menjadi pebisnis atau sekadar bekerja di perusahaan orang tua. Ham Yeon Ji adalah salah satu anak chaebol yang memilih jalan karier lain yakni menjadi aktris. Ham adalah anak dari bos perusahaan makanan Ottogi, Ham Young Joon yang kini dikenal sebagai aktris musikal. Wanita lulusan New York University Tisch School of the Arts itu pun bukan hanya cantik dan bisa akting. Ia juga pandai karena pernah menjadi murid dengan nilai terbaik di salah satu sekolah paling prestis di Korea.

7. Cho Hyun Min, Korean Air

chaebol dunia nyatachaebol dunia nyata Foto: Youtube

Berbeda dengan anak chaebol lain dalam daftar, Vice President Korean Air ini mendapat pemberitaan yang kurang baik setelah melakukan kekerasan kepada bawahannya. Cho Hyun Min dilaporkan berteriak dan menyiramkan air ke wajah manajer agensi iklan dalam sebuah meeting. Tak lama setelahnya, Cho pamer di Instagram bahwa ia pergi liburan ke Vietnam dan menulis tanda pagar agar orang tidak mencarinya. Selain Cho, dua kakaknya juga pernah terlibat kasus kekerasan.



Simak Video "Gelar Miliarder Kylie Jenner Dicabut oleh Forbes"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)