Kendala yang Dihadapi Saat Anak Sekolah Online Sementara Ortu Kerja di Kantor

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 14 Jun 2020 14:04 WIB
Mother and daughter Having fun with laptop at home Foto: Getty Images/iStockphoto/Paperkites
Jakarta -

Saat ini, sebagian pekerja sudah diminta untuk kembali bekerja langsung di kantor. Sementara anak-anak masih tetap belajar dari rumah atau sekolah online. Kondisi ini membuat orangtua orangtua tak bisa mendampingi secara langsung karena harus masuk bekerja. Berbagai hambatan pun dialami para orangtua yang tak bisa mendampingi anaknya sekolah online.

"Kendalanya karena waktu terbatas jadi merasa kurang optimal dalam pembelajaran terlebih dari sekolah juga mayoritas hanya berupa tugas dan bukan tutorial sementara ini," ucap Meidina Rachma salah satu orangtua murid yang anaknya sekolah online saat berbincang dengan Wolipop,Kamis (11/6/2020). Meidina sendiri yang bekerja sebagai produser di sebuah stasiun televisi swasta saat ini sudah kembali bekerja di kantor.


Kendala yang sama pun diungkapkan oleh Eka Paramita. Waktu menjadi hambatannya ketika anaknya menjalani sekolah online sementara dia bekerja di kantor.

"Kendalanya tentunya itu waktu ya, kan anak sekolahnya pagi di rumah, masuknya pagi, sementara aku harus bekerja, pasti jadi kendala. Tapi balik lagi, kasih pengertian juga sama anak, kita juga nggak bisa maksain agar anak mengerti kita tapi sebaliknya kita yang mengerti anak. Kan nggak bisa memaksakan anak untuk berpikiran seperti orang dewasa," jelas wanita yang bekerja sebagai jurnalis itu saat dihubungi oleh Wolipop baru-baru ini.

Hal berbeda disampaikan karyawan swasta bernama Fitriana yang anaknya juga sudah kembali sekolah online setelah kemarin sempat libur Lebaran. Fitriana yang bekerja di sebuah bank itu mengatakan agar anaknya bisa menjalani sekolah online dengan lancar dia harus mengajarkan kedua orangtuanya cara menggunakan berbagai aplikasi video call.


"Karena aku dibantu orangtua, aku harus ajarin ayah dan ibuku supaya bisa video call. Tapi kadang juga ada kendala kalau waktu anak Zoom sama gurunya, kayak suaranya nggak keluar, atau tiba-tiba sinyal hilang, kalau kayak gitu, anakku pasti telepon aku, sedangkan aku kadang juga nggak selalu bisa terima telepon langsung," tuturnya.




Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)