Karya Anak Muda Ini Viral, Bikin Jokowi Hingga Prabowo Jadi Tokoh Anime

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 14 Mei 2020 11:36 WIB
Chancil Chan Jokowi jadi tokoh anime karya Chancil Chan. Foto: Instagram @chancil.chan
Jakarta -

Akun Instagram bernama @chancil.chan baru-baru ini menjadi viral setelah karya-karya ilustrasinya yang terbilang unik banyak disukai orang. Seperti yang terlihat dalam unggahan di Instagramnya, Chancil Chan membuat ilustrasi beberapa tokoh terkenal dengan mengubahnya menjadi anime Jepang. Tokoh-tokoh terkenal itu di antaranya ada Presiden RI Joko Widodo, Najwa Shihab, Didi Kempot, Deddy Corbuzier, Hotman Paris, Seto Mulyadi, Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto, Susi Pudjiastuti, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Tri Rismaharini.

Pada setiap postingan Chancil Chan yang menampilkan foto para tokoh Indonesia dalam bentuk anime itu banjir pujian netizen. Pada unggahan yang menampilkan Jokowi, Ma'ruf Amin, Prabowo hingga Susi Pudjiastuti misalnya, ada ratusan pengguna Instagram memberikan komentar yang sebagian besar adalah pujian.

"omg how could you be so talentedddd," tulis netizen. "sumpah keren bangettt," tulis netizen lain. "Jokowi jadi ganteng," komentar netizen lainnya.

Wolipop pun mengonfirmasi pada Chancil Chan mengenai deretan karyanya yang viral dan banyak disukai netizen ini. Chancil mengatakan dirinya membuat gambar berbagai tokoh Indonesia itu menjadi tokoh animen karena terinspirasi dengan mereka.

[Gambas:Instagram]


"Saya terinspirasi dari orang-orang yang membawa nama baik Indonesia dengan talenta mereka masing-masing, saya selalu berpikir apakah saya juga bisa berkontribusi lebih bagi Indonesia dengan seni?" kata Chancil Chan saat diwawancarai via Whatsapp oleh Wolipop pada Rabu (13/5/20).

Chancil Chan juga mengaku bahwa dia tidak pernah mengira hasil karyanya itu akan menjadi viral seperti saat ini. Sebagian besar ilustrasi buatannya itu merupakan permintaan dari netizen di Instagramnya. Seperti yang terlihat di Instagramnya, sebelum karya-karyanya saat ini viral, Chancil juga sudah sering membuat ilustrasi berupa karikatur.

"Tokoh-tokoh yang saya gambar kebanyakan permintaan dari teman-teman warganet, permintaan teman-teman saya tampung, lalu saya saring dan memilih tokoh-tokoh yang berpengaruh bagi Indonesia, sebagai apresiasi atas kinerja dan sumbangsih mereka untuk Tanah Air," jelas Chancil.

[Gambas:Instagram]



Membuat gambar anime Jokowi hingga Prabowo dengan hasil yang banyak dipuji warganet, Chancil mengakui proses pembuatannya tidaklah mudah. Dia membutuhkan setidaknya empat jam untuk membuat satu ilustrasi. Mulai dari pengumpulan ide hingga proses pembuatan dan pengerjaan sampai menjadi sebuah karya.

"Pertama saya cari tahu tentang tokoh yang ingin saya gambar, lalu mulai corat-coret sketsa di kertas. Oh iya ornamen, pose dan ekspresinya agak dilebih-lebihkan seperti konsep karikatur dan anime Jepang, ketika sudah puas dengan sketsanya, saya selesaikan di komputer dan dilukis secara digital," jelas Chancil.

Chancil mengaku memang sudah gemar menggambar sejak usianya empat tahun. Saat memasuki SMA, dia semakin tertarik dan ingin mendalami bakatnya tersebut, sehingga memutuskan untuk mengambil jurusan desain grafis dan multimedia untuk kuliahnya.

[Gambas:Instagram]



Saat ini, setelah hasil-hasil karyanya viral, Chancil banyak mendapat dampak dan perubahan di dalam hidupnya. Sebelumya jarang sekali orang yang tertarik dan meminta dibuatkan ilustrasi anime. Namun setelah karyanya viral, peminat ilustrasi anime dan karikaturnya kini menjadi seimbang.

"Dampaknya cukup besar, HP saya sampai panas karena notifikasi yang tidak kunjung berhenti 24 jam dalam minggu ini, warganet mulai menggali karya-karya saya terdahulu yang saya unggah di media sosial dan diapresiasi, kemudian mereka juga tertarik untuk menyewa jasa desain saya," kata Chancil.

Jika tertarik dengan hasil-hasil karya Chancil, kamu bisa menyewa jasanya untuk membuat ilustrasi. Untuk harga, Chancil sudah menyertakannya di akun Instagram pribadinya.



Simak Video "Pria Jepang Ini Nikahi Boneka Karakter Animenya!"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)