Atlet Anggar Alih Profesi Jadi Kurir Pengantar Makanan Gegara Pandemi Corona

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 14 Mei 2020 08:09 WIB
Ryo Miyake Foto: dok. Getty Images
Jakarta -

Pandemi virus corona membuat atlet ini harus menjalani profesi lain demi bisa bertahan hidup. Atlet anggar Jepang Ryo Miyake beralih menjadi kurir pengantar makanan agar bisa menghasilkan uang di tengah pandemi COVID-19.

Ryo menjalani profesi barunya itu sebagai imbas Olimpiade 2020 yang ditunda karena virus corona. Untuk sementara ia pun beralih profesi menjadi kurir pengantar makanan di aplikasi Uber Eats menggunakan sepeda.

Atlet berusia 29 tahun yang memenangkan medali perak di Olimpiade 2012 London ini sebenarnya memiliki beberapa sponsor yang bisa mendukungnya untuk hidup. Namun, menurut laporan Reuters, Ryo menolak dan mengatakan bahwa hati nuraninya tidak akan membiarkan dirinya mengambil uang sponsor.

"Masih belum jelas apakah saya nantinya akan menjadi yang berarti di olimpiade. Saya pikir agak kurang ajar untuk menerima dukungan dalam situasi seperti itu," ungkap Ryo.

Ryo MiyakeRyo Miyake Foto: dok. Getty Images

Ryo yang telah menjadi pengantar makanan selama dua minggu terakhir ini menghasilkan 2.000 yen atau sekitar Rp 278 ribu sehari. Ia pun menambahkan sebelumnya telah menggunakan tabungannya untuk biaya hidup.

"Sekarang saya banyak menggunakan tabungan untuk hidup, jadi saya juga harus mencari dan mendapatkan uang sendiri. Saya juga berpikir dengan melakukan pengiriman Uber Eats, itu bisa mencegah kekuatan fisikku melemah," ujarnya.

Ryo MiyakeRyo Miyake Foto: dok. Getty Images

Ryo juga menambahkan bahwa kemungkinan dia tertular virus corona saat melakukan pengiriman sangat rendah karena satu-satunya interaksi yang dia lakukan dengan orang lain adalah ketika dia mengambil makanan.

"Risiko terinfeksi coronavirus rendah. Meskipun kamu mungkin berpikir memiliki banyak kontak dengan orang-orang karena mengirimkan barang, seperti yang direkomendasikan oleh aplikasi, saya meletakkan makanan di depan pintu orang dan tidak ada kontak. Satu-satunya waktu saya memiliki kontak adalah ketika saya mengambil makanan dari staf restoran," cerita Ryo.



Simak Video "Jessica Putri, Atlet Longboard Penakluk Jalanan"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/agm)