7 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tetap Imbang

tri Suharyati - wolipop Jumat, 01 Mei 2020 14:01 WIB
A portrait of an Asian college student on campus Foto: iStock7 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tetap Imbang
Jakarta -

Beberapa mahasiswa ada yang memilih fokus kuliah saja tapi ada juga yang memilih kuliah sambil kerja agar waktu senggang bisa dimanfaatkan. Kuliah sambil kerja itu belum tentu bisa berjalan lancar.

Kamu pasti berfikir kalau kuliah sambil kerja itu akan menggangu jam kuliah kamu. Bahkan akanmelewatkan tugas kuliah atau terlalu nyaman bekerja jadi malas untuk kuliah lagi.

Kuliah sambil kerja itu tergantung setiap orang untuk menyikapi dan mengaturnya.

Bagi kamu yang ingin mencoba kuliah sambil kerja untuk menambah uang saku, detikcom telah merangkum tips kuliah sambil kerja agar berjalan lancar:

1. Tentukan Prioritas

Hal yang harus dilakukan pertama kali saat memilih kuliah sambil kerja adalah menentukan prioritas. Keduanya memang bisa dijadikan prioritas, namun kamu harus memilih mana yang lebih dulu untuk dikerjakan. Ingin mengisi waktu luang dengan cara bermanfaat atau memang sedang membutuhkan uang.

2. Pilih Kerjaan yang Fleksibel

Selanjutnya cari dan pilihlah kerjaan yang fleksibel, yang tidak terlalu banyak peraturan yang membuat jadwal kuliah kamu terganggu. Cari kerja yang bisa disesuaikan dengan jam kuliah kamu ya.

3. Bicarakan dengan Kantor

Hal ini juga perlu kamu lakukan, yakni mengatakan yang sebenarnya kepada kantor jika kamu bekerja sambil kuliah. Jadi kantor akan mengerti keadaan kamu.

4. Pilih Jadwal Kuliah

Tips selanjutnya adalah memilih jadwal kuliah. Jadwal kuliah bisa kamu pilih beberapa hari saja, sisa harinya bisa kamu gunakan untuk bekerja. Agar waktu tidak bentrok satu sama lain, kamu pun jadi tidak keteteran.

5. Mengatur Rencana Setiap Hari

Close-up image of man enjoying moment for himself and filling diary after difficult day7 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tetap Imbang/ Foto: iStock

Biasanya seseorang yang tidak bisa mengatur jadwal akan membuat semua pekerjaannya berantakan. Maka dari itu saat kamu memutuskan kuliah sambil kerja, kamu harus rajin untuk merencanakan kegiatan kamu setiap hari. Hal ini dilakukan agar semua pekerjaan kuliah dan kantor pun berjalan dengan lancar.

6. Jangan Tunda Selesaikan Tugas Kuliah

Tips yang kali ini sepertinya memang wajib dilakukan ya. Selain sibuk kerja, jangan sampai kamu meninggalkan tugas kuliah kamu sehingga kamu tidak lulus mata kuliah tersebut.

Usahakan untuk mengerjakan tugas kuliah jauh-jauh hari dan lakukan saat waktu senggang, jangan menunggu hingga mepet agar tugas kamu dikumpulkan tepat waktu dan kerja pun tidak terganggu dengan tugas kuliah.

7. Menentukan Waktu untuk Diri Sendiri

Di sela-sela kesibukan kuliah sambil kerja, tips selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan waktu untuk diri kamu sendiri. Bisa untuk beristirahat, olahraga, memanjakan diri atau bermain dengan teman-teman. Hal ini berguna untuk merelaksasikan pikiran kamu selama sibuk kuliah sambil bekerja.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)