Kisah Pilu Pria Kena PHK, Mudik Jalan Kaki Hingga Sol Sepatu Hampir Lepas

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 30 Apr 2020 13:36 WIB
Stylish woman walking on crosswalk Foto: ilustrasi/thinkstock
Kuala Lumpur -

Pria ini mengunggah momen dirinya mudik dengan berjalan kaki setelah kena PHK. Postingannya pun bikin netizen sedih. Bagaimana kisahnya?

Seorang pria di Malaysia bernama Matnoe Poksu Din menjadi viral setelah membuat sederet postingan di Facebook mengenai aksinya mudik dengan berjalan kaki. Matnoe mengaku kena PHK dari perusahaannya. Dia memutuskan mudik ke rumahnya di Kelantan karena tak punya tempat untuk menetap di Kuala Lumpur.

Namun pada saat itu pemerintah Malaysia menetapkan lockdown, sehingga tak ada satupun kendaraan umum yang bisa membawanya pulang ke Kelantan dari Kuala Lumpur. Akhirnya dia pun memutuskan berjalan kaki di mana jarak dari Kuala Lumpur ke Kelantan lebih dari 400 km.



Matnoe mengunggah di Facebook saat dia akan memulai perjalanannya mudik pada Minggu (26/4/2020). Dia mengunggah tangkapan layar rute yang akan dilaluinya dari Kuala Lumpur ke kampung halamannya di Tanah Merah, Kelantan.

Pria Malaysia mudik jalan kaki.Pria Malaysia mudik jalan kaki. Foto: Dok. Facebook



"Empat hari lagi. Ada yang tertarik bergabung denganku, ayo, kita bisa berjalan kaki bersama," tulisnya di Facebook.

Matnoe terus memberikan update perjalanannya pulang kampung jalan kaki. Pada hari Minggu di mana dia memulai berjalannya, Matnoe berhasil berjalan kaki hingga mencapai Gopeng, Perak yang jaraknya sekitar 182 km.

Matnoe memutuskan menginap di Rural Transformation Centre di Gopeng karena hari itu hujan deras. Dia kemudian melanjutkan perjalanan pada Senin (27/4/2020) pagi. Namun perjalanannya di hari kedua tidak selancar hari pertama. Dia lebih cepat lelah dan kakinya juga sakit karena sol sepatunya sudah hampir lepas.



Setelah berhasil mencapai kawasan Ipoh, Matnoe beristirahat di Terminal Bus Amanjaya. Dia mengaku ingin tidur karena lelah dan perlu mengisi ulang baterai ponselnya.

"Aku harus terus berhenti karena aku terlalu lelah. Aku sekarang di Amanjaya. Ponselku sudah tidak ada baterai, hanya tinggal tujuh persen. Aku juga butuh tidur," tulisnya memberikan update di Facebook.

Unggahan Matnoe mengenai perjalanan mudiknya dengan berjalan kaki ini banyak menuai komentar netizen. Sebagian besar dari mereka salut dengannya. Dan yang membuat netizen semakin kagum padanya karena dia menolak pemberian uang dari netizen.

"Buat kalian yang bertanya nomer rekeningku karena mau mengirimiku uang, itu tidak diperlukan. Aku masih punya cukup uang untuk beberapa hari ke depan," katanya.

Banyak netizen yang juga khawatir pada Matnoe karena dia berhari-hari berjalan kaki. Namun kekhawatiran tersebut mereda setelah seorang pengguna Facebook yang mengaku sebagai supir truk mengatakan di halaman komentar bahwa dia memberikan tumpangan pada Matnoe untuk sampai ke Kelantan.

Matnoe akhirnya memberikan update perjalanannya pada 28 April 2020. Dia mengaku sudah sampai di kampung halamannya dengan selamat pada jam 11 malam.

Matnoe juga mengatakan akan memeriksakan dirinya ke rumah sakit untuk mengetahui apakah dia terinfeksi COVID-19 atau tidak.




Simak Video "Mengenal Istri Raja Malaysia yang 24 Tahun Lebih Muda, Oksana"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)