20 Ucapan Selamat Hari Kartini yang Inspiratif

Tri Suharyati - wolipop Selasa, 21 Apr 2020 17:30 WIB
kartini Foto: istimewa/20 Ucapan Selamat Hari Kartini yang Inspiratif
Jakarta -

Hari Kartini diperingati setiap tahunnya pada 21 April bertepatan dengan tanggal lahir sang pejuang emansipasi wanita yaitu Ibu Kartini. Pada zaman tersebut wanita tidak mendapatkan kebebasan dalam mengejar cita-citanya.

Namun, seorang wanita bernama lengkap Raden Adjeng Kartini ini mengubah keadaan tersebut. Dahulu Kartini hanya bisa sekolah sampai umur 12 tahun setelah itu ia belajar sendiri di rumah.

Adanya Hari Kartini juga sebagai rasa terimakasih kaum hawa terhadap Ibu Kartini yang bisa mendirikan sekolah khusus perempuan dan menjadikan wanita Indonesia lebih berpendidikan dan tidak ditindas hingga saat ini.

Pada Hari Kartini tahun ini tidak ada salahnya kamu mengucapkan selamat Hari Kartini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 20 kata ucapan dan kutipan yang cocok untuk memperingati Hari Kartini. Ucapan ini bisa kamu update di sosial media kamu:

Kata-Kata mutiara RA Kartini yang bisa dijadikan ucapan selamat Hari Kartini yang insipiratif:

1. Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu. - R.A Kartini

2. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya. Kamulah yang membiarkannya datang. - R.A Kartini

3. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu, tapi satu-satunya hal yang benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. - R.A Kartini

4. Jangan biarkan kegelapan kembali datang jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena. - R.A Kartini

5. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. - R.A Kartini

6. Perempuan yang pikirannya telah dicerdaskan, pemandangannya telah diperluas, tak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. - R.A Kartini

7. Tahukah engkau semboyanku? 'Aku mau' Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata 'Aku tiada dapat' melenyapkan rasa berani. Kalimat 'Aku mau' membuat kita mudah mendaki puncak gunung.- R.A Kartini

8. Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah. - R.A Kartini

9. Habis Gelap Terbitlah Terang. - RA Kartini

10. Perempuan adalah pembawa peradaban. - R.A. Kartini

Selain kata mutiara, ada beberapa tokoh terkenal yang mengucapkan Hari Kartini antara lain:

1. Presiden Jokowi: "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." Raden Adjeng Kartini (1879 -1904).

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani: Satu abad lalu Kartini sebagai perempuan, dipingit di rumah karena adat istiadat. Dinding rumah tidak menjadi penghalang bagi Kartini untuk memperjuangkan dan peduli akan nasib perempuan dan anak-anak untuk maju. Hari ini kita harus tinggal di rumah karena COVID-19. Kita dapat mencontoh semangat Kartini meski di rumah. You can always do good think for your family your community and your country. Never try to find any excuses to do good things for others.

3. Menlu Retno Marsudi juga mengucapkan selamat Hari Kartini. "Sejak dulu, perempuan adalah pelita, penerang di tengah kurangnya ilmu pengetahuan, di tengah konflik dan pertikaian, bahkan hingga hari ini di tengah masa sulit pandemic COVID-19. Karena perempuan adalah bagian dari solusi. Selamat Hari Kartini unutk seluruh perempuan Indonesia. Jangan pernah menyerah...jangan pernah berhenti untuk lanjutkan semangat juang RA Kartini," tulisnya di akun Instagram pribadinya.

4. Menteri Pariwisata Wishnutama turut mengucapkan Hari Kartini dengan postingan di akun Instagramnya. "Semoga dengan semangat perjuangan Ibu RA Kartini para perempuan Indonesia dapat diberikan semangat dan kekuatan dalam menghadapi pandemi COVID 19 untuk meraih masa depan yang jauh lebih baik. Aamiin YRA. Selamat Hari Kartini."

5. Mendikbud Nadiem Makarim juga turut mengucapkan selamat Hari Kartini. "Mati satu tumbuh seribu. Kartini memang sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam begitu saja. Maju terus para Kartini muda. Selamat Hari Kartini."

6. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga ikut mengucapkan di Twitternya. "Mari kite gerakkan semangat Kartini untuk mandiri dalam menjaga keluarga, anak cucu, masyarakat, di tempat kita berada agar bisa tetap disiplin menahan diri dalam rangka mengurangi penularan COVID-19. Di mana kita berada berpikir positif membantu siapapun di sekitar kita yang membutuhkan."

7. Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok): "Di situasi seperti saat ini, saya rasa menjadi relevan jika mengingat kutipan kalimat beliau yang terkenal: "Sehabis gelap pasti terbitlah terang", Percayalah bahwa masa sulit akan segera berlalu. Kita harus saling menguatkan dan membantu. Selamat Hari Kartini."

8. Penyanyi Yuni Shara: Dengan menolong diri sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna #RadenAjengKartini. Dalam kondisi yang tidak biasa ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada perempuan-perempuan hebat di seluruh Nusantara.

9. Artis Dian Sastro pun ikut mengucapkan Hari Kartini pada Instagram miliknya "Let's fight COVID-19. so all students can go back to school and pursue their dreams. We car because we are this together and yes together we can do so much more!" tambahnya dengan hastag #HariKartini

10. Panyanyi asal Bandung Fiersa Besari yang dikenal dengan kata-kata puitisnya juga membuat ucapan Hari Kartini di Twitter. "Negeri ini belum banyak berubah. Banyak hal yang mestinya terang tapi masih gelap. Uang negara digelapkan. Masyarakat marah, gelap mata. Statusmu saja masih jadi kekasih gelap. "Habis gelap, terbitlah terang." Selamat Hari Kartini, perempuan Indonesia. Jangan lelah memberi cahaya."


Bagaimana ucapan selamat Hari Kartini versi kamu?



Simak Video "Selamat Hari Kartini untuk Para Wanita Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)