Inspiratif, Wanita Tanpa Lengan Jahitkan APD Gratis untuk Tenaga Medis

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 19 Apr 2020 11:07 WIB
APD Tenaga medis Foto: Facebook
Jakarta -

Di tengah krisis karena pandemi Corona, saling membantu adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan. Seorang wanita pun jadi perbincangan karena tak menjadikan kekurangannya sebagai alasan untuk berkontribusi dalam penanganan virus COVID-19. Meski tidak tidak memiliki tangan, voluntir bernama Norfarrah Syahirah Shaari bisa menjahitkan APB untuk para tenaga medis.

Norfarrah adalah wanita asal Malaysia yang belakangan ini jadi perbincangan karena tindakan inspiratifnya di tengah pandemi Corona. Tak peduli dengan kekurangannya sendiri, wanita 32 tahun ikut menjadi salah satu dari 25 voluntir yang menjahitkan APD untuk rumah sakit dan klinik di Teluk Intan. Dari sejumlah foto dan video yang beredar, Norfarrah tampak andal dalam menjahit meski dengan kaki.

Dilansir Berita Harian, Norfarrah bisa menjahitkan hingga delapan APD dalam sehari menggunakan kedua kakinya. Ia sendiri sudah mulai belajar menjahit sejak delapan tahun lalu ketika butuh membuat baju spesial untuk dirinya sendiri.

Norfarrah Syahirah Shaari.Norfarrah Syahirah Shaari. Foto: Facebook

"Menjahit dengan kaki mungkin terlihat sulit tapi kamu hanya butuh banyak kesabaran. Banyak orang bertanya bagaimana akan bisa memasukkan benang ke dalam jarum. Untukku, itu sama saja dengan bagaimana penjahit lain melakukannya, kecuali aku menggunakan kaki. Aku biasanya hanya butuh satu detik untuk memasukkan benang ke jarum," ungkapnya.

Proyek ini dibuat oleh Komuniti Teluk Intan di mana Norfarrah adalah asisten admistratifnya. Pembuatan APD untuk para tenaga medisi pun merupakan bagian dari programnya yang diberi nama #DariKomunitiUntukKomuniti. Dikatakan jika mereka tidak berkumpul ketika membuatnya namun membagi-bagi tugas untuk dikerjakan di rumah.

Norfarrah Syahirah Shaari.Norfarrah Syahirah Shaari. Foto: Facebook

"Kami akan mengumpulkan semua APD pada Senin sebelum mendistribusikannya kepada para (tenaga medis) di garda terdepan. Aku merasa bangga bisa menjadi bagian dari program ini dan ini adalah hal kecil yang kami bisa lakukan untuk membantu pekerja medis," kata Norfarrah.

Norfarrah pun bukan pertama kalinya mencuri atensi publik. Tahun lalu, ia juga jadi pemberitaan karena videonya sedang menyetir jadi viral. Meski tidak punya kaki, Norfarrah mengaku tak ingin membebani orang lain sehingga belajar mengemudi sendiri.

NorfarrahNorfarrah Foto: dok. hmetro



"Terima kasih untuk semua yang sudah percaya dan mendukungku. Ada orang-orang lain dengan keterbatasan di luar saja yang punya kemampuan spesial. Tapi yang paling penting, mereka kuat dan mereka bekerja keras untuk membuktikan bahwa punya keterbatasan bukan alasan untuk membebani orang lain," tutur Norfarrah.



Simak Video "Aeshnina, Gadis Pemberani Asal Gresik yang Surati Pemimpin Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)