Perhatikan 5 Hal Ini Jika Kamu Harus Bekerja di Tempat Tidur Selama WFH

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 17 Apr 2020 12:09 WIB
Caucasian girl working on computer laptop


***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.*** Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Sebulan bekerja di rumah karena pandemi Corona, banyak orang mulai mengalami sakit badan. Selama WFH, mungkin kamu tidak bisa bekerja dengan nyaman seperti di kantor karena berbagai hal. Agar tubuh tidak pegal, memang paling disarankan untuk bekerja dengan duduk di meja dan kursi yang dianggap ideal untuk tulang. Namun psikoterapis mengatakan tidak masalah jika harus bekerja di kasur atau sofa asal memperhatikan lima hal berikut ini.

1. Cari Tempat Kerja yang Nyaman
Tidak semua orang memiliki ruang kerja dengan meja dan kursi yang nyaman selama WFH karena pandemi Corona. Apakah itu di meja dapur atau duduk di tempat tidur, berbagai sudut di rumah bisa jadi tempat kerja yang ideal asalkan nyaman dan memudahkan kamu untuk bergerak. Spesial psikoterapis Claire Small pun tidak melarang untuk bekerja dari kasur atau sofa, asalkan tidak dilakukan terus menerus.

"Penelitian menunjukkan ada perbedaan tipis antara postur buruk dan rasa sakit. Jadi tidak ada yang namanya postur ideal untuk duduk atau tempat kerja yang benar. Tempat (kerja)mu seharusnya didasarkan pada preferensi, lakukan apa yang membuatmu nyaman dan paling produktif,"

"Kadang duduk di sofa atau berbaring di kasur bisa jadi waktu istirahat yang baik dari duduk jika kamu sedang membaca atau yang lain. Tapi aku tidak menyarankan orang untuk melakukannya seharian tapi variasi memang bagus," kata wanita yang berbasis di Inggris itu dilansir Dailymail.

2. Ada Ruang Gerak
Claire mengatakan bahwa kamu tidak selalu butuh kursi yang mahal untuk menghindari rasa pegal atau sakit badan. Disarankan untuk cari saja kursi yang membuatmu nyaman. Ia juga tidak melarang orang-orang yang bekerja selama WFH untuk duduk membungkuk untuk beberapa saat ketika ingin santai atau istirahat. Semua bisa jadi nyaman asalkan ada ruang untuk bergerak.

"Sama seperti itu, jika kamu merasa lebih nyaman duduk di kursi yang mendukung punggungmu, itu juga tidak apa-apa (tapi bukan keharusan). Hal terburuk yang kamu lakukan adalah berpikir bahwa kamu perlu mempertahankan posisi tertentu atau hanya bergerak dalam batasan ruang," ujar Claire.

3. Kuncinya Adalah Bergerak
Menurut pakar tersebut tidak ada yang salah atau benar terkait postur tubuh ketika bekerja. Meski begitu itu tetap memperingatkan untuk tidak duduk dengan satu posisi yang sama dalam waktu lama karena bisa menyebabkan tekanan dan ketegangan pada otot. Karenanya ketika harus duduk di tempat yang kurang ideal, coba untuk berganti posisi atau istirahat sejenak agar tidak pegal.

"Semua ini bisa menyebabkan rasa sakit. Jika kita kehilangan fleksibilitas di beberapa bagian tubuh, kita sering kali jadi membuat tegang bagian lain tubuh juga ketika bergerak. Bergerak adalah obat terbaik,"

"Cari alasan-alasan untuk berdiri dan bergerak, misalnya membuat kopi, mengambil pulpen, berdiri ketika menerima telepon, atau mengatur alarm hanya untuk berdiri, miring ke samping, putar bahu dan ke arah sebaliknya sebelum duduk lagi," saran Claire.

4. Pisahkan Jam Kerja dan Hiburan
Penting pula untuk memisahkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ketika bekerja di rumah kadang memang sulit untuk tidak sambil mengurus rumah atau anak. Ketika kerja terganggu karena berbagai macam hal, tugas jadi tertunda dan memungkinkan kamu melakukannya lebih lama sehingga membuat sakit badan. Tapi jangan juga bekerja terus menerus sampai lupa istirahat karena bisa menyebabkan burn out.

5. Pertimbangkan untuk Berdiri
Seperti yang Claire katakan apapun gaya bekerja bisa jadi tepat asalkan nyaman, tak terkecuali sambil berdiri. Untuk sebagian orang cara ini justru membuat mereka lebih nyaman bahkan produktif. Tapi Claire pun tidak menyarankannya dilakukan sepanjang hari. Ingat pula untuk menyesuaikan ketinggian meja serta laptop sehingga bisa mengetik dengan nyaman.

"Tapi secara realistis, cara ini sulit dilakukan tanpa meja khusus berdiri. Dari pada itu, coba untuk menerima telepon sambil berdiri atau kalau bisa pergi jalan-jalan di sekitar ruang atau taman ketika menerima telepon," tambah Claire.



Simak Video "Kate Middleton Kini Kerja Keras Bagai Kuda Usai Ditinggal Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)