7 Kesalahan Saat WFH yang Bikin Pekerjaan Kamu Jadi Tertunda

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 16 Apr 2020 14:15 WIB
work from home Foto: shutterstock
Jakarta -

Karena pandemi virus Corona, banyak profesional yang menyadari bahwa mereka ternyata bisa bekerja dari rumah. Tapi meski sudah sekitar sebulan WFH, banyak orang belum menemukan strategi yang pas untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Jika kamu juga merasa demikian, coba hindari tujuh kesalahan saat WFH berikut yang sering bikin kerja tertunda.

1. Pakai Baju Tidur
Seorang penulis bernama Maria sudah bekerja dari rumah sebelum pandemi Corona memaksa kita WFH. Ia pun bisa dibilang sudah ahli dan tahu cara membuat bekerja di rumah terasa lebih ringan. Kepada Brightside, ia pun menyampaikan salah satu kesalahannya adalah dengan memakai baju yang tepat.

Meski di rumah, hindari mengenakan piyama atau baju kasual yang akan bikin kamu merasa terlalu santai. Walau bukan jas atau blazer, pastikan saja baju kamu rapi agar otak menyadari bahwa ini waktunya bekerja. Penelitian membuktikan bahwa pilihan busana bisa meningkatkan mood, energi, dan cara berpikir.

2. Tidak Ada Jadwal
Hal lain yang sebaiknya tidak dilakukan ketika WFH adalah tidak memiliki jadwal kerja tetap. Seperti di kantor, disarankan untuk punya panduan sejak kapan dan berapa jam kamu perlu bekerja. Menurut Maria, jadwal justru membuatnya lebih produktif dan mengurangi rasa kelelahan mental. Bekerja tanpa jadwal bisa menunda selesainya pekerjaan karena kamu malah melakukan hal-hal lain.

Caucasian girl working on computer laptop***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.***Caucasian girl working on computer laptop***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.*** Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel


3. Mencampurkan Urusan Bisnis dan Pribadi
Karena tidak ada jadwal, biasanya orang juga jadi mencampurkan pekerjaan dan hal pribadi. Misalnya waktu yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan tugas malah dipakai untuk menonton film atau tidur. Karenanya, kerja jadi terbengkalai dan kamu harus begadang semalaman untuk menyelesaikannya.

4. Tidak Menginformasikan Pada Keluarga
Satu hal yang perlu dilakukan adalah ketika WFH adalah menjelaskannya pada keluarga, termasuk anak-anak. Informasikan bahwa pada jam-jam tertentu kamu harus menyelesaikan pekerjaan karena itu minta untuk mohon tidak diganggu. Kamu pun sebaiknya harus menahan diri untuk tidak membantu melakukan pekerjaan rumah selama waktunya bekerja.

5. Tidak Bergerak
Kesalahan berikut lebih berdampak pada kesehatan. Karena bekerja di rumah tak butuh bepergian, banyak orang jadi kurang bergerak apalagi olahraga. Karena kurang aktivitas fisik, badan pun bisa terasa pegal bahkan jadi mudah jatuh sakit. Untuk itu, dianjurkan untuk paling tidak jogging atau jalan-jalan di sekitar perumahan sehingga juga terpapar sinar matahari. Hal ini akan membantu kamu tidur lebih nyenyak ketika malam.

Caucasian girl working on computer laptop***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.***Caucasian girl working on computer laptop***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.*** Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel


6. Tidak Berkomunikasi
Salah satu hal yang membuat WFH jadi kurang menyenangkan adalah karena bosan tak ada teman. Karena itu, tetaplah jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat agar tidak merasa kesepian. Selain dengan rekan-rekan, kamu mungkin bisa menghubungi teman untuk membicarakan hal-hal di luar kerja sehingga otak lebih 'fresh'.

7. Tidak Bekerja di Meja
Kesalahan paling umum ketika WFH adalah bekerja dari tempat tidur atau sofa yang membuatnya kurang kondusif. Ketika tidak bekerja di meja, otak bisa berpikir bahwa kamu sedang bersantai. Hal ini akan membuat pekerjaan jadi tertunda dan kurang konsentrasi. Apalagi jika dilakukan di kamar. Otak sering kali mengasosiasikan kamar dengan istirahat sehingga bukan tidak mungkin kamu malah tertidur.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)