4 Tips Hindari Virus Saat Harus Tetap Bekerja di Luar Rumah

Reyhan Diandra - wolipop Selasa, 24 Mar 2020 08:32 WIB
pakai masker Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebagian perkantoran saat ini sedang menjalani imbauan pemerintah untuk melakukan Work From Home (WFH) sebagai bentuk social distancing mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Namun bagi sebagian kaum pekerja, ada juga yang wajib tetap masuk sebagaimana biasanya karena tuntutan tugas yang tidak bisa dihindari.

Sebagai bentuk pencegahan agar diri kita tidak terdampak virus, sebenarnya ada beberapa cara lho untuk mengurangi paparan terhadap virus yang bisa dilakukan. Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara-cara untuk menghindari papara virust tersebut? Berikut tipsnya dilansir dari citylab.com.

Gunakan Sarung Tangan Saat Menyentuh Benda Sekitar

Virus seperti Corona menyebar melalui droplet yaitu cairan dari seseorang dalam bentuk batuk atau bersin. Dan bahayanya virus tersebut dapat bertahan di benda sekitar kita. Maka dari itu gunakanlah sarung tangan seperti sarung tangan plastik yang dapat dibuang dengan cepat saat bepergian ke tempat umum.

Sering Mencuci Tangan

Walaupun sudah memakai sarung tangan, tetap saja ada virus yang masih bisa menempel di tangan kita. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk sering-sering mencuci tangan. Dengan mencuci tangan lapisan terluar dari virus akan hilang dan menyebabkan virus tersebut mati dan sisa virus itu pun tersiram terbawa oleh air yang mengalir.

Waspada Saat berada di Ruangan Kerja atau Tempat Umum

Jika ada seseorang yang sedang mengalami batuk atau pilek yang tidak kunjung berhenti, sebaiknya kita menjauh dari mereka. Jika memang tidak bisa menjauh seperti saat berada di ruang kerja, usahakan untuk memberi tahu atasan kalian jika ada seseorang yang kamu curigai tertular oleh virus berbahaya. Tetaplah waspada akan bahaya di sekitar kalian.

Hindari Transportasi Massal

Transportasi massal mungkin merupakan moda transportasi yang murah untuk digunakan, namun saat pembatasan jam transportasi dan waktu rush hour seperti pulang kerja bisa menyebabkan penyebaran virus yang lebih cepat. Oleh karena itu gunakanlah transportasi mandiri ataupun transportasi online di mana faktor penyebaran Corona dapat kita atasi dengan mudah melalui langkah-langkah pencegahan yang ada.

Nah, kebetulan salah satu perusahaan transportasi online yaitu Grab sedang mengadakan promosi untuk layanan GrabBike melalui aplikasi smartphone mereka. Kalian bisa menikmati promo diskon 90% dengan potongan maksimal Rp 7 ribu dengan memasukkan kode AYOGRAB. Promo ini hanya berlaku dari tanggal 23 Maret hingga 29 Maret 2020 dan hanya bisa digunakan maks 2 kali perjalanan setiap harinya.



Simak Video "Resepsi Nikah Ditunda karena Corona, Gimana Vendor Fotografi Menyikapinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)