Cara Jaga Kesehatan Agar Tak Tertular Sakit Karena Ruang Kantor Terbuka

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 13 Mar 2020 08:16 WIB
Multi ethnic group of professionals at a coworking office in a meeting discussing something looking focused Foto: iStock
Jakarta -

Menjaga kesehatan seharusnya selalu dilakukan. Tapi karena pandemi virus Corona, sekarang banyak orang memang jadi lebih waspada. Untuk menghindari penyebaran virus COVID-19, sejumlah perusahaan di beberapa negara bahkan telah meminta para staf untuk bekerja di rumah.

Anda yang harus tetap masuk kantor pun disarankan untuk lebih menjaga diri tentunya dengan cara-cara rasional. Untuk menghindari dampak virus dan tertular penyakit pada umumnya, beberapa cara bisa dilakukan. Hal ini terutama penting dipraktekan Anda yang bekerja di kantor terbuka.

1. Cuci Tangan Setelah Pegang Barang Bersama

Cara Jaga Kesehatan Agar Tak Tertular Sakit Karena Ruang Kantor TerbukaCara Jaga Kesehatan di Ruang Kantor Terbuka. Foto: Shutterstock

Beberapa kantor memilih konsep ruangan terbuka dari pada bersekat karena sejumlah alasan. Ketika itu, para profesional sering kali berbagi barang bersama. Untuk mencegah penyebaran virus dan tertular penyakit, hal ini perlu diperhatikan. Dr. Eric Cioe-Pena menyarankan agar Anda mencuci tangan.

Cuci tangan memang salah satu cara mencegah virus terbaik setelah vaksin. Cuci tangan bisa dilakukan setelah memegang teko kopi, alat tulis, atau telepon yang juga dipakai banyak orang. Tapi tak perlu berlebihan pula dalam mencuci tangan karena justru bisa bikin kulit kering dan membunuh bakteri baik.

2. Sediakan Hand Sanitizer di Meja

Cara Jaga Kesehatan Agar Tak Tertular Sakit Karena Ruang Kantor TerbukaCara Jaga Kesehatan di Ruang Kantor Terbuka. Foto: Getty Images/lightmax

Jika kantor tidak menyediakan hand sanitizer, Anda bisa menyiapkannya sendiri. Cairan antibakteri bisa dipakai setelah cuci tangan untuk perlindungan ekstra. Disarankan untuk memakai yang kadar alkoholnya lebih dari 60% dan menggunakannya saat tangan bersih dan kering.

3. Bersihkan Meja dan Benda-bendanya

Cara Jaga Kesehatan Agar Tak Tertular Sakit Karena Ruang Kantor TerbukaCara Jaga Kesehatan di Ruang Kantor Terbuka. Foto: iStock

Menurut Wall Street Journal, kebanyakan meja kantor memiliki lebih dari 800 bakteri per inci. Artinya meja bisa 14 kali lebih kotor dari pada tempat duduk toilet kantor. Untuk mencegah sakit, bersihkan tempat kerja Anda dengan spray atau tisu disinfektan.

Fokuslah pada benda-benda yang sering dipegang seperti, keyboard, mouse, keyboard, meja, dan lain-lain. "Di awal hari, lap permukaan (barang) yang akan kamu sering pegang," kata Dr. Cioe-Pena kepada Business Insider.

4. Hindari Terlalu Banyak Pegang

Cara Jaga Kesehatan Agar Tak Tertular Sakit Karena Ruang Kantor TerbukaCara Jaga Kesehatan di Ruang Kantor Terbuka. Foto: Getty Images/webphotographeer

Salah satu cara terbaik untuk menghindari paparan virus dan bakteri adalah tidak terlalu banyak pegang barang. Terkadang memang kita sering tidak sadar ketika menyentuh gagang pintu, kursi, meja, dan lainnya yang bisa saja sangat kotor.

5. Hindari Menyentuh Wajah

Cara Jaga Kesehatan Agar Tak Tertular Sakit Karena Ruang Kantor TerbukaCara Jaga Kesehatan di Ruang Kantor Terbuka. Foto: Thinkstock

Hindari sering menyentuh wajah dengan tangan karena bisa mempermudah dampak virus dan bakteri. Berdasarkan studi, kebanyakan orang memegang wajah 24 kali dalam satu jam. Dan yang disentuh adalah organ-organ vital dalam penularan virus, yakni mata, hidung, dan mulus. Selain itu, hindari pula menggigit kuku dan menggosok mata.





Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)