Perusahaan Arab Dikecam karena Jadikan Karyawannya Hand Sanitizer Berjalan

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 12 Mar 2020 14:30 WIB
tempat wisata dunia sepi karena virus corona Ilustrasi virus corona. Foto: ( AP/AFP/REUTERS)
Jakarta -

Virus Corona yang baru-baru ini telah ditetapkan sebagai pandemi virus, telah menyita banyak perhatian dunia. Tidak heran jika banyak orang yang berusaha keras melindungi dirinya dengan mencegah penyebaran Covid-19 itu. Terkadang karena terlalu khawatir dan panik, seseorang bahkan bisa melakukan hal-hal aneh yang tak masuk akal.

Seperti dikutip dari Market Watch, karena terlalu khawatir akan penyebaran Covid-19 atau virus Corona, salah satu perusahaan minyak di Saudi Arabia yang bernama Saudi Aramco melakukan hal tidak terduga. Foto yang dibagikan di media sosial Twitter itu mendadak menjadi viral setelah banyak warganet yang mengecam tindakan dari perusahaan tersebut dalam melawan virus Corona.

Postingan yang diunggah pada 10 Maret itu memperlihatkan bahwa perusahaan tersebut mendandani salah satu pekerja migran dengan kostum hand sanitizer. Pekerja pria berkostum hand sanitizer berkeliling kantor untuk menawarkan dan membagikan hand sanitizer kepada para karyawan lainnya di perusahaan tersebut.



Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapatkan 16,5 ribu likes, 6,6 ribu retweet, dan 4,9 ribu komentar. Banyak dari warganet yang merasa tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa tindakan perusahaan itu sangatlah memalukan dan tidak manusiawi.

"Menjijikan, benar-benar menjijikan," tulis salah satu pemilik akun Twitter di kolom komentar.



"Ini adalah perbudakan modern," tulis komentar lainnya.

Tidak sedikit juga warganet yang berkomentar dan menyebut bahwa tindakan tersebut sangatlah rasis. "Virus Corona benar-benar telah membawa beberapa sikap klasisme dan rasisme :( ," tulis netizen.

Setelah melihat banyak komentar negatif mengenai aksinya tersebut, pihak perusahaan Saudi Aramco kemudian menanggapinya melalui pesan di Twitter. Mereka mengatakan bahwa mereka juga tidak setuju akan hal itu dan meminta maaf atas apa yang telah dilakukannya. Perusahan tersebut juga berjanji untuk segera menghentikan aksi menjadikan karyawan migran sebagai hand sanitizer berjalan dan berusaha untuk tidak mengulanginya kembali.

Virus Corona memang salah satu virus mematikan yang menimbulkan banyak kekhawatiran dan kegelisahan. Namun ada baiknya untuk mencegah penyebaran virus tersebut, kita tetap harus mengambil langkah tepat dengan juga memperhatikan orang lain. Bagaimana menurutmu?



Simak Video "Sejumlah Pernikahan Tetap Berjalan di Tengah Wabah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)