6 Pekerjaan yang Paling Berisiko Terinfeksi Virus Corona

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 10 Mar 2020 06:30 WIB
Female doctor examining patients lungs with stethoscope. Foto: Getty Images/iStockphoto/dusanpetkovic
Jakarta -
Virus Corona yang berkembang di Wuhan, China sudah menyebar ke banyak negara lain dan menginfeksi puluhan ribu orang di dunia. Virus Corona bisa memang bisa menginfeksi siapa saja, di Indonesia sendiri sudah ada enam pasien yang dikonfirmasi. Meski bisa terkena pada semua orang, ada beberapa profesi yang dianggap lebih rentan terpapar virus COVID-19. Berikut beberapa pekerjaan yang biasanya lebih cepat dan paling berisiko virus Corona:

Petugas Medis
Pekerjaan yang paling berisiko terinfeksi virus Corona tentu adalah dokter, perawat, dan orang-orang bekerja di rumah sakit. Di China, banyak dokter yang merawat pasien-pasien virus Corona pun terinfeksi dan akhirnya meninggal. Berhadapan dengan orang-orang yang positif Corona pasti tinggi pula risiko mereka untuk ikut terpapar. Menurut The Los Angeles Time, sudahlebih dari 3 ribu pekerja kesehatan di China yang terinfeksi virus Corona baru tersebut.

Petugas Gawat Darurat
Selain dokter atau perawat, mereka yang bekerja sebagai petugas darurat juga berisiko. Pemadam kebakaran, petugas medis darurat, pengemudi ambulan, atau polisi yang pertama kali dihubungi pasien virus Corona tentu bisa saja dengan mudah terpapar. Pekerja-pekerja itu juga lebih rentan terinfeksi Corona karena berhadapan dengan banyak orang di keseharian.

Pekerja Jasa
Mereka yang harus bertemu banyak orang memang berisiko terinfeksi Corona. Para pekerja yang menjual jasa, seperti pelayan, pengirim barang, pekerja salon, terapis, kasir, dan lain-lain tentu bisa dengan mudah terpapar virus Corona dari para pelanggan mereka.

Pekerjaan Tidak Fleksibel
Demi pencegahan virus Corona, banyak perusahaan meminta para staf untuk bekerja dari rumah. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa punya fleksibilitas seperti itu. Beberapa pekerja harus tetap pergi ke luar karena tuntutan pekerjaan apalagi jika jasanya benar-benar dibutuhkan, misalnya dokter, polisi, tukang masak, dan lain-lain. Mereka pun tentu bisa lebih gampang terinfeksi.

Kru Penerbangan
Beberapa negara telah membatasi penerbangan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Tapi tetap saja para kru penerbangan beresiko terinfeksi Corona karena bertemu dengan banyak orang yang bisa saja membawa virus. Apalagi tak jarang mereka harus melayani langsung, seperti pramugari.

Pekerja Seni
Profesi lain yang bisa dengan mudah terpapar virus Corona adalah pekerja seni. Tak banyak yang menyadari jika aktor, penari, penyanyi, atau koreografi juga berisiko mudah terkena Corona. Hal tersebut karena mereka sering kali harus berdekatan dengan kolega yang mungkin saja membawa virus Corona. Salah satu orang Indonesia pertama yang terinfeksi virus Corona pun dilaporkan adalah seorang penari.



Simak Video "Ilmuwan Ungkap Cara Paling Aman Bercinta di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)