Wanita yang Dijuluki 'Manusia Komputer' Wafat di Usia 101

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 25 Feb 2020 12:49 WIB
HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 26:  NASA mathematician Katherine Johnson (2nd L) appears onstage with (L-R) actors Janelle Monae, Taraji P. Henson and Octavia Spencer speak onstage during the 89th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 26, 2017 in Hollywood, California.  (Photo by Kevin Winter/Getty Images) Foto: Getty Images/Kevin Winter
Jakarta -

Katherine Johnson yang dikenal sebagai ahli matematika dan ilmuwan berjasa dilaporkan telah wafat. Katherine merupakan salah satu wanita kulit hitam pertama yang direkrut oleh agensi ruang angkasa yang akhirnya menjadi NASA. Kisah inspiratif dan perjuangan Katherine pun diadaptasi dalam buku dan film 'Hidden Figures'.

NASA baru saja mengumumkan bahwa Katherine Johnson meninggal di usia 101 tahun. Wanita yang dianggap pahlawan dan pelopor dalam dunia sains tersebut pernah bertugas sebagai 'manusia komputer' ketika bekerja untuk membantu jalannya sejumlah misi penerbangan ruang angkasa, termasuk misi Apollo 11 ke bulan pada 1969.

Wanita yang Dijuluki 'Manusia Komputer' Wafat di Usia 101Foto: NASA

Katherine Johnson lahir di Virginia Barat, Amerika Serikat pada 1918. Memiliki kecerdasan di atas rata-rata, ia pernah menjadi salah satu dari tiga pelajar yang dipilih pemerintah untuk melanjutkan studi S2. Namun Katherine harus meninggalkan sekolah karena berkeluarga.

Meski begitu, Katherine kemudian mendapatkan pekerjaan sebagai ahli matematika di agensi ruang angkasa yang kini menjadi NASA. Ia pun bekerja untuk NASA selama 33 tahun selagi menulis sebanyak 26 laporan riset.

Wanita yang Dijuluki 'Manusia Komputer' Wafat di Usia 101Foto: Getty Images/Kevin Winter

Salah satu peran penting Katherine adalah pada misi ruang angkasa 1962 di mana astronaut John Glenn menjadi orang Amerika pertama yang mengitari bumi. Dikatakan jika John Glenn mempercayai perhitungannya dan hanya akan siap pergi jika Katherine mengatakan hitungannya sudah tepat.

Pada 2015, Presiden Barack Obama memberikan penghargaan pada Katherine Johnson. Ia mendapatkan Presidential Medal of Freedom yang menjadi penghargaan tertinggi untuk warga sipil.

Di tahun selanjutnya, buku nonfiksi Hidden Figures yang terinspirasi kisahnya ditulis oleh Margot Lee Shetterly. Tak lama kemudian, versi filmnya dirilis. Aktris Taraji P. Henson berperan sebagai Katherine dalam film yang dinominasikan Oscar tersebut.

Wanita yang Dijuluki 'Manusia Komputer' Wafat di Usia 101Foto: Getty Images/Kevin Winter


Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)