Cara Simpel Cegah Stres Kerja Merusak Hubungan Kamu dengan Pasangan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 12 Feb 2020 05:30 WIB
ilustrasi pasangan Foto: dok. iStock
Jakarta -

Pekerjaan memang tak jarang menimbulkan stres. Dan tanpa disadari stres tersebut bisa terbawa ke luar kantor dan memengaruhi hubungan Anda dengan orang terkasih. Meski kadang tidak terhindari, sebaiknya stres karena kerja tidak berlanjut hingga ke rumah dan merusak hubungan Anda dengan pasangan terlebih anak. Bagaimana cara mudah mencegahnya? Seorang psikoterapis memberikan tipsnya.

Lelah dan stres karena pekerjaan bisa menyebabkan ketegangan dalam hubungan pribadi. Ketika energi mental terkuras, kadang memang sulit untuk bersikap baik. Tak jarang seseorang jadi mudah marah atau sensitif ketika mood terganggu karena masalah karier.

Untuk mencegahnya, sebuah cara yang terungkap dari studi para peneliti University of Florida. Psikoterapis Amy Morin menyimpulkan jika tidur dan olahraga adalah kuncinya.

Para peneliti menemukan fakta bahwa memang stres karena pekerjaan mengurangi kemampuan kita dalam mengatur emosi. Ketika tekanan karier menyita pikiran akan sulit untuk mengontrol perkataan dan tindakan.

Agar stres bisa lebih diredam, Amy pun menyarankan dua hal yaitu tidur dan olahraga yang cukup. Karena ketika stres kerja bercampur dengan waktu tidur dan gerak yang kurang, akibatnya bisa berbahaya.

Berdasarkan penelitian, kurang tidur terbukti bisa membuat seseorang semakin sulit mengatur dirinya. Karenanya, hal tersebut bisa mendorong pekerja melimpahkan stres kerja kepada keluarga. Tapi jika kebutuhan untuk tidur terpenuhi, seseorang akan lebih bisa mengatur stres dan perasaan dengan lebih sehat.

Dalam studi ini, seberapa banyak para partisipan bergerak juga diukur. Terungkap bahwa mereka yang melangkah rata-rata 10,090 per hari akan lebih bisa mengatur perasaan mereka. Dibandingkan dengan orang yang hanya berjalan 7,000 ribu langkah, mereka lebih tidak melampiaskan stres pada keluarga. Karena itu, psikoterapis mengambil kesimpulan bahwa olahraga rutin adalah salah satu kunci mencegah stres merusak hubungan.

Berdasarkan sejumlah penelitian lain, tidur dan aktivitas fisik memang berkorelasi dengan kesehatan baik tubuh maupun pikiran. Tak hanya itu, keduanya juga bisa meningkatkan kreatifitas, memori, kebahagiaan, energi, hingga fokus. Artinya tak hanya tidur dan olahraga bisa menjaga hubungan dengan pasangan, kedua kebiasaan itu juga bisa membantu karier Anda.





Simak Video "Penampilan Rambut Baru Maia Estianty yang Terkesan Mewah "
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)