Ini Arti Mamba Mentality, Pesan Inspiratif Kobe Bryant yang Mendunia

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Senin, 27 Jan 2020 17:33 WIB
LOS ANGELES, CA - MAY 19:  Kobe Bryant #24 of the Los Angeles Lakers reacts to a play against the Phoenix Suns in the fourth quarter of Game Two of the Western Conference Finals during the 2010 NBA Playoffs at Staples Center on May 19, 2010 in Los Angeles, California. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and/or using this Photograph, user is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement.  (Photo by Harry How/Getty Images) Kobe Bryant dan istilah Mamba Mentality. Foto: Photo by Sean M. Haffey/Getty Images
Jakarta -

Meninggalnya Kobe Bryant dalam sebuah kecelakaan helikopter Minggu (26/1/2020) kemarin meninggalkan banyak luka, terutama bagi keluarga dan penggemarnya. Kobe Bryant adalah sosok legenda dalam dunia basket.

USA Today menyebutkan ada lima gelar NBA, dua medali emas Olimpiade, dan 18 penampilan All-Star yang berhasil ia raih selama 20 tahun menjalani profesi sebagai pebasket profesional. Kobe Bryant yang meninggal dunia di usia 41 tahun itu menyebut dirinya sebagai pesaing terkuat di generasinya dalam olahraga apapun.

Tentunya segala prestasi yang ia raih bukan hanya keberuntungan semata. Ada mental yang kuat, kerja keras hingga keteguhan belajar yang membuatnya menjelma menjadi salah satu pebasket NBA terhebat sepanjang sejarah.

Kobe Bryant meninggal dunia karena kecelakaan helikopter.Kobe Bryant meninggal dunia karena kecelakaan helikopter. Foto: Photo by Harry How/Getty Images



Melansir The Atlethic, Bryant menyebut dirinya sebagai 'Black Mamba'. Julukan itu ia berikan kepada dirinya sendiri setelah ia mendapati nama itu dari film 'Kill Bill' karya Quentin Tarantino. Ia mengadopsi nama itu dan menambahkan kata mentalitas menjadi 'Mamba Mentality'. Istilah Mamba Mentality ini diperkenalkannya sejak 2003.

Sejak diperkenalkan Mamba Mentality tertanam di jiwa para penggemar Kobe Bryant. Pebasket yang meninggalkan seorang istri dan tiga anak itu berhasil mempopulerkan istilah Mamba Mentality yang memang menginspirasi. Apa sebenarnya arti Mamba Mentality?

"Mamba Mentality itu berarti kamu terus mencoba menjadi versi terbaik dari dirimu," kata Bryant seperti dikutip dari ABS-CBN Sports.

"Itulah mentalitas, secara konstan kamu mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari kemarin," tambahnya.



Jika kamu menanyakan apa yang menjadi kunci kesuksesan Kobe Bryant, ia pasti akan langsung menjawab 'Mamba Mentality'. Begitu banyak orang yang terinspirasi dari kerja keras, kegigihan dan 'Mamba Mentality'-nya. Bryant bahkan tetap menerapkan mentalitas itu setelah ia memutuskan untuk pensiun sebagai pebasket empat tahun lalu.

Melihat banyaknya pengaruh 'Mamba Mentality' bagi banyak orang, Kobe Bryant akhirnya menerbitkan buah pikirannya itu dalam sebuah buku bertajuk 'The Mamba Mentality: How I Play'. Buku tersebut dirilis pada Oktober 2018 silam.

Meskipun kini Kobe Bryant telah tiada, namun 'Mamba Mentality' akan menjadi warisan yang tak ternilai harganya. Mentalitas juara dari seorang Kobe Bryant inilah yang perlu dipupuk di dalam jiwa generasi-generasi berikutnya.




Simak Video "Penampilan Rambut Baru Maia Estianty yang Terkesan Mewah "
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)