10 Wanita Inspiratif yang Mencuri Perhatian Selama 2019

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 31 Des 2019 16:13 WIB
Foto: AP Photo Foto: AP Photo
Jakarta - Banyak wanita inspiratif yang menjadi perbincangan di 2019. Beberapa dari mereka dianggap memberikan perubahan, pengaruh baik, hingga memecahkan rekor untuk bidang masing-masing. Mulai dari remaja Greta Thunberg yang ingin menghentikan perubahan iklim global hingga Najwa Shihab, jurnalis favorit para netizen, berikut 10 wanita inspiratif yang mencuri perhatian selama 2019.

1. Greta Thunberg
10 Wanita Inspiratif yang Mencuri Perhatian Selama 2019 Foto: AP Photo/Armando Franca
Greta Thunberg dikenal sebagai aktivis muda lingkungan yang dipertimbangkan sebagai salah satu kandidat peraih Nobel perdamaian dunia. Nama remaja 16 tahun tersebut mulai disorot ketika ia berdemonstrasi seorang diri di depan gedung pemerintahan Swedia. Ia memprotes para petinggi di negerinya yang dianggap tidak terlalu berbuat banyak demi menyelamatkan lingkungan.

Aksi solo Greta tersebut lantas menginspirasi ribuan murid SD di berbagai negara turun ke jalan untuk melakukan aksi yang sama. Gerakan tersebut dinamakan Youth Strike 4 Climate. Dari situ, ia mulai diundang berpidato di berbagai forum internasional.

2. Sanna Marin
10 Wanita Inspiratif yang Mencuri Perhatian Selama 2019 Foto: Jussi Nukari/Lehtikuva via AP
Sanna Marin menjadi Perdana Menteri Finlandia setelah dipilih partai Sosial Demokrat yang menaunginya. Menjadi perdana menteri di usia 34 tahun, dia mencetak sejarah sebagai perdana menteri termuda di dunia. Wanita tersebut sebelumnya menjabat Menteri Transportasi dan Komunikasi.

Sanna Marin sendiri merupakan anggota dari partai terbesar dalam koalisi lima partai. Saat diangkat, ibu satu anak ini menyatakan akan membangun kembali kepercayaan publik pada pemerintah. Ia terjun ke dunia politik sejak usia 27 tahun dan menjabat wali kota Tampere di Pirkanmaa, daerah selatan Finlandia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4