7 Fakta Generasi Milenial yang Mengejutkan

Hestianingsih - wolipop Selasa, 17 Des 2019 14:30 WIB
Ilustrasi fakta generasi milenial yang mengejutkan. Foto: Thinkstock Ilustrasi fakta generasi milenial yang mengejutkan. Foto: Thinkstock

Jakarta - Generasi milenial adalah mereka yang lahir pada tahun 1980 hingga akhir tahun 1990-an. Generasi milenial juga kerap disebut sebagai generasi Y, karena adalah satu-satunya generasi yang melewati era milenium kedua.

Apakah kamu termasuk generasi milenial? Kalau iya, maka perlu tahu beberapa fakta generasi milenial yang mengejutkan. Siap?

1. Generasi Milenial Lebih Peduli Lingkungan

7 Fakta Mengejutkan Tentang Generasi MilenialGenerasi milenial peduli lingkungan dan menerapkan gaya hidup hemat energi. Foto: Dok. Inhabitat

Hasil studi World Economic Forum's Global Shapers Survey pada 2017 yang melibatkan lebih dari 20 ribu generasi milenial dari 181 negara menunjukkan, sikap generasi milenial jauh lebih peduli terhadap lingkungan dan isu perubahan iklim ketimbang isu dunia lainnya. Maka tak heran kini muncul sedotan ulang pakai dari stainless steel, tren fashion ramah lingkungan juga tren properti dengan fitur hemat energi.

2. Generasi Milenial Suka Berderma
7 Fakta Mengejutkan Tentang Generasi MilenialGenerasi milenial suka berdonasi atau jadi voluntir. Foto: ANTARA FOTO/Rahmad

Banyak anggapan kalau generasi milenial cenderung lebih memikirkan diri sendiri. Tapi faktanya tidak demikian. Berdasarkan hasil survei terhadap 2.500 generasi milenial yang ditulis dalam Millennial Impact Report, tercatat 84 persen generasi milenial rutin melakukan donasi tiap tahunnya dan 70 persen menjadi voluntir untuk hal-hal yang mereka anggap penting.


3. Generasi Milenial akan Mendominasi Berbagai Sektor Kerja
7 Fakta Mengejutkan Tentang Generasi MilenialBukalapak, salah satu startup yang didirikan generasi milenial Indonesia. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Generasi milenial diprediksi akan menjadi generasi yang menguasai atau mendominasi berbagai sektor kerja. Survei Brookings Data Now mengungkapkan pada 2025, 75 persen lapangan pekerjaan akan diciptakan oleh generasi milenial.

Sekarang saja sudah bisa terlihat, banyak perusahaan startup yang didirikan generasi milenial dan berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru. Sebut saja startup yang dibangun generasi milenial Indonesia seperti GO-JEK, Bukalapak dan Tiket.com.

4. Generasi Milenial Paling Rentan Mengalami Kegemukan
7 Fakta Mengejutkan Tentang Generasi MilenialTantangan generasi milenial adalah mudah mengalami kegemukan karena tren diet. Foto: iStock

Menurut analisa dari Cancer Research UK, 70 persen generasi milenial, yakni yang lahir tahun 1980-an sampai pertengahan 90-an, terancam mengalami kelebihan berat badan di usia muda. Lebih tepatnya pada usia 35 - 44 tahun.

Sebagai perbandingan, hanya 50 persen generasi Baby Boomer (lahir 1946 - 1964) dan generasi X yang berisiko kegemukan ketika usia mereka menginjak paruh baya. Menurut sejumlah ahli, hal utama yang menyebabkan generasi milenial paling berisiko mengalami kegemukan karena mereka cenderung suka mengikuti pola diet yang sedang tren tapi tak menjalaninya dengan konsisten.


5. Generasi Milenial Lebih Mudah Tertipu
7 Fakta Mengejutkan Tentang Generasi MilenialWaspada, generasi milenial paling mudah tertipu transaksi online. Foto: GettyImages

Best Life melaporkan bahwa generasi milenial lebih mudah jadi sasaran penipu online ketimbang generasi sebelumnya. Menurut catatan pengaduan penipuan yang masuk ke kepolisian di AS, terhitung 40 persen korbannya adalah generasi milenial. Jumlah ini jauh lebih banyak ketimbang 18 persen orang dengan usia 70 ke atas yang jadi korban penipuan.

6. Generasi Milenial Lebih Mementingkan Kenyamanan Daripada Gaji Tinggi
Generasi milenial lebih pilih kerja nyaman daripada gaji tinggi. Foto: Thinkstock

Besaran gaji bukan menjadi prioritas utama generasi milenial dalam pekerjaan. Sikap generasi milenial adalah lebih memilih digaji sedikit untuk pekerjaan yang mereka senangi ketimbang gaji besar tapi tugas-tugas atau profesinya mereka benci.


7. Generasi Milenial Lebih Perfeksionis
Nadiem Makarim, generasi milenial yang ditunjuk Presiden Jokowi jadi menteri. Foto: Andhika-detikcom

Sebuah studi di University of Bath, Inggris, menemukan bahwa generasi milenial cenderung terobsesi mencapai kesempurnaan dalam hal apapun. Sifat perfeksionis ini menjadi tantangan generasi milenial karena jika tidak terpenuhi akan merusak kesehatan mental dan meningkatkan kecemasan.

Simak Video "Kondisi Hati Penentu Performa Milenial Dalam Bekerja"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)