Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari yang Bisa Dipelajari

Sudiarto Putra - wolipop Senin, 09 Des 2019 19:30 WIB
Ilustrasi Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari yang Bisa Dipelajari. Foto: Instagram Ilustrasi Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari yang Bisa Dipelajari. Foto: Instagram

Jakarta - Indonesia memiliki banyak daerah dan budaya. Tentu setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing seperti halnya bahasa.

Bahasa daerah merupakan bahasa asli Indonesia yang harus dilestarikan, meskipun bahasa asing kini mulai menguasai tetap jangan pernah melukpakan bahasa daerah sendiri. Indonesia memiliki ragam bahasa daerah dan beragam macam suku sehingga membuat masyarakat semakin beragam.

Jika kamu berkunjung ke wilayah Jawa Barat atau Banten, sebagian besar penduduk disana menggunakan bahasa Sunda dalam percakapan sehari-hari.



Sejarah Bahasa Sunda

Bahasa Sunda merupakan bahasa yang digunakan oleh Suku Sunda. Suku Sunda biasanya paling banyak tinggal di Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten, sebagian Provinsi Jawa Tengah, yaitu di bagian barat dengan batas kali Brebes/sungai Cipamali. Serta terdapat sebagian kecil di daerah Jakarta, yaitu yang terletak di perbatasan.

Beberapa pakar bahasa Sunda sekitar abad ke-6 wilayah penuturannya sampai di sekitar dataran Dieng di Jawa Tengah, berdasarkan nama "Dieng" yang dianggap sebagai nama Sunda (asal kata dihyang yang merupakan bahasa Sunda Kuno).

Seiring transmigrasi dan imigrasi yang dilakukan etnis Sunda, para penutur bahasa ini telah menyebar sampai ke luar pulau Jawa. Seperti di Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat dan Sulawesi Tenggara.



Berikut kosa kata Bahasa Sunda yang bisa Anda pelajari.

Kosakata Bahasa Sunda Percakapan Sehari-hari

· Punten - permisi

· Hatur Nuhun - Terima Kasih

· Aya-Aya Wae - Ada-ada saja

· Kumaha, Damang? - Bagaimana, Sehat?

· Bade Kamana? - Mau ke mana?

· Kumaha - Bagaimana?
· Nuju Milarian Naon - Lagi Nyari Apa

· Sabodo Teuing - Bodo Amat

· Tong - Jangan

· Tong Kitu Atuh - Jangan Begitu Dong

· Tong Ngambek Atuh - Jangan Marah Dong

· Tong Ngalamun - Jangan melamun

· Kasep Pisan - Ganteng Banget

· Geulis Pisan - Cantik Banget

· Nuju Dimana? - Lagi Dimana?

· Buru Atuh - Cepetan Dong

· Kumaha Anjeun Weh - Terserah Kamu Aja

Penyebutan Angka Dalam Bahasa Sunda

Bukan hanya bahasa saja yang bisa kita pelajari tentang bahasa Sunda. Kita juga bisa belajar penyebutan angka bilangan dalam bahasa Sunda. Mungkin angka tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita meskipun kita bukan orang Sunda, karena sering mendengar di berbagai tempat saat ada orang Sunda yang sedang berbicara.

Berikut penyebutan angka dan bilangan dalam bahasa Sunda:

· Hiji - Satu

· Dua - Dua

· Tilu - Tiga

· Opat - Empat

· Lima - Lima

· Genep - Enam

· Tujuh - Tujuh

· Dalapan - Delapan

· Salapan - Sembilan

· Sapuluh - Sepuluh

Itulah cara menyebutkan angka bilangan dalam bahasa Sunda. Jika ingin belajar menyebutkan angka dalam bahasa Sunda, sebaiknya pelajari dahulu angka dasarnya yaitu 1 sampai 10. Karena angka berikutnya sama seperti mempelajari angka dan bilangan dalam bahasa Indonesia.

Nah, jadi itulah tulisan tentang bahasa Sunda yang bisa kalian pelajari. Mudah kan?



Simak Video "Pernyataan Resmi Ratu Elizabet Terkait Harry-Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)