Sanna Marin Jadi Perdana Menteri Finlandia di Usia 34, Termuda di Dunia

Hestianingsih - wolipop Senin, 09 Des 2019 13:09 WIB
Sanna Marin Perdana Menteri Finlandia, termuda di dunia. Foto: Instagram/@sannamarin Sanna Marin Perdana Menteri Finlandia, termuda di dunia. Foto: Instagram/@sannamarin

Jakarta - Kalangan muda semakin dipercaya untuk memimpin pemerintahan negara. Seperti Finlandia yang memiliki perdana menteri baru dari generasi millennial.

Sanna Marin menjadi Perdana Menteri Finlandia setelah dipilih partai Sosial Demokrat yang menaunginya. Menjadi perdana menteri di usia 34 tahun, dia mencetak sejarah sebagai perdana menteri termuda di dunia.

Wanita yang sebelumnya menjabat Menteri Transportasi dan Komunikasi ini diumumkan sebagai perdana menteri pada Minggu (8/12/2019), menggantikan Antti Rinne. Antti mengundurkan diri pada Selasa (3/12/2019), setelah partainya menyatakan tak lagi memercayainya atas penanganan terhadap aksi mogok massal.


Sanna Marin Jadi Perdana Menteri Finlandia di Usia 34, Termuda di DuniaFoto: Instagram/@sannamarin

Sanna Marin sendiri merupakan anggota dari partai terbesar dalam koalisi lima partai. Saat diangkat, ibu satu anak ini menyatakan akan membangun kembali kepercayaan publik pada pemerintah.

"Kami memiliki banyak pekerjaan untuk membangun kembali kepercayaan," kata Sanna, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Dalam pidatonya Sanna juga menyinggung soal usia dan gender di dunia perpolitikan.
Sanna Marin Jadi Perdana Menteri Finlandia di Usia 34, Termuda di DuniaFoto: Instagram/@sannamarin

"Saya tidak pernah memikirkan tentang umur dan gender, saya memikirkan alasan-alasan kenapa saya terjun ke politik dan hal-hal yang membuat kami mendapat kepercayaan dari para pemilih," tuturnya, dilansir Guardian.

Sanna Marin terjun ke dunia politik sejak usia 27 tahun. Kala itu ia menjabat sebagai wali kota Tampere di Pirkanmaa, daerah selatan Finlandia. Kemudian pada 6 Juni 2019 dia ditunjuk menjadi Menteri Transportasi dan Komunikasi.

Simak Video "Foto PM Kanada Bawa Anak ke Kantor Bikin Netizen Meleleh"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)