Cara Membuat PPT yang Menarik, Perhatikan 5 Hal Ini!

Sudiarto Putra - wolipop Jumat, 06 Des 2019 08:31 WIB
Cara Membuat PPT yang Menarik. Foto: iStock
Jakarta - Agar tak membosankan, power point yang digunakan haruslah bagus. Pastikan tidak menaruh banyak tulisan pada slide. Supaya lebih kece, ini cara membuat PPT yang menarik.

Ketika membuat slide presentasi yang menarik yang harus kalian perhatikan adalah singkat dan jelas. Bukan mengisinya dengan banyak teks, tetapi gunakanlah gambar serta data agar penyajiannya tidak membosankan.


Dirangkum oleh Wolipop, berikut beberapa cara membuat PPT yang keren dan menarik:

1. Layout Slide

Langkah pertama, kamu harus perhatikan layout slide seperti gambar atau teks. Jangan meletakkan gambar atau teks yang tidak sesuai dengan isi pada slide tersebut.

Buatlah secara merata dan sesuai apa yang ingin kamu sampaikan. Kamu juga harus pastikan bahwa gambar yang dimasukkan saling berhubungan dan ada dalam satu kesatuan. Selain itu, perhatikan juga kontras pada setiap slide yang dihadirkan usahakan terlihat berbeda dan menarik.

2. Slide

Slide yang dibuat harus semenarik mungkin dan memberikan pesan penting tiap slide yang akan dihadirkan terutama pada slide pembuka. Pada slide pembuka buatlah seperti cover pada buku atau majalah. Jika kamu membuat slide dengan sangat menarik, tentu para audiens akan tertarik untuk mengtahui pesan yang akan ingin kamu sampaikan.

Pada pembuatan slide dalam PPT (power point) yang terpenting adalah kamu harus mengikuti rumus satu ide, satu pesan, dan satu slide. Perhatikan warna dan font yang sesuai untuk tema yang akan disampaikan dan isi pada slide lebih mengingat pokok-pokok pentingnya saja agar presentasi dapat lebih mudah disampaikan.

Cara membuat PPT yang menarik.Cara membuat PPT yang menarik. Foto: iStock

3. Visualisasi

Biasanya sebagian besar orang lebih mudah mengingat gambar dibandingkan dengan tulisan. Maka dari itu, isi yang ditampilkan pada slide sebaiknya menggunakan gambar atau diagram. Hal ini bertujuan untuk para audiens yang melihat slide lebih mudah dipahami. Namun, kamu juga harus tetap memasukkan sedikit teks pada slide, tetapi usahakan membuat dengan visualisasi yang sangat menarik.

4. Alur Slide

Dalam hal ini yang harus kamu perhatikan adalah tentang bagaimana kamu membuat slide. Apakah semuanya berkesinambungan atau tidak antara slide yang satu dengan lainnya. Untuk membuat slide, kamu harus berkreasi agar setiap slide memiliki alur yang jelas dan teratur, baik itu slide pembuka, penjelasan, dan penutup.

5. Manfaatkan Situs Pembuat PPT

Selain menggunakan desain asli di Power Point, kamu juga bisa memanfaatkan situs pembuat Power Point sebagai salah satu cara membuat PPT yang menarik untuk presentasi. Ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan seperti:
- Slidecarnival.com
- Canva.com
- Emaze.com
- Visme.com
- Prezi.com

Semoga cara membuat ppt yang menarik untuk presentasi yang telah dijelaskan bisa membantu kamu ya detikers!





Simak Video "Gelar Miliarder Kylie Jenner Dicabut oleh Forbes"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)