Begini Cara Mendapatkan Beasiswa S1, S2 di Luar Negeri

Niken Widya Yunita - wolipop Selasa, 26 Nov 2019 06:31 WIB
Begini Cara Mendapatkan Beasiswa S1, S2 di Luar Negeri/Foto: iStock Begini Cara Mendapatkan Beasiswa S1, S2 di Luar Negeri/Foto: iStock
Jakarta - Melanjutkan pendidikan ke luar negeri dari program beasiswa merupakan impian semua orang. Bagaimana cara mendapat beasiswa di luar negeri S1, S2?

Tidak mudah memang untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri. Kita harus mencari tahu triknya dari berbagai cara.

Siswa Indonesia dan internasional merebut beasiswa unggulan setiap tahunnya ke negara tujuan favorit antara lain Australia, London, dan Amerika Serikat. Beasiswa-beasiswa tersebut disediakan oleh pihak lembaga pendidikannya, lembaga-lembaga foundation mancanegara, atau dari pemerintahan yang bersangkutan.

Untuk mengenal biaya beasiswa, ada beasiswa penuh yang meliputi biaya penuh atau yang disebut full scholarship. Adapun Partial Scholarship atau beasiswa parsial meliputi sebagian pembiayaan namun tidak menanggung keseluruhan dana selama studi, seperti hanya berlaku setahun.

Berikut cara mendapatkan beasiswa luar negeri S1, S2:



1. Bukti Prestasi Akademik

Syarat untuk mendapatkan beasiswa unggulan yang ditawarkan salah satunya bukti bahwa tingkat prestasi akademik terakhir yang dimiliki seperti rapor oleh pemohon beasiswa telah memenuhi syarat. Penilaian tidak sepenuhnya bergantung pada nilai akademik di sekolah melainkan aktivitas non-akademik seperti lomba sains, olahraga, atau ikut menjadi relawan.


2. Kemampuan Bahasa Inggris

Syarat wajib berikutnya yakni bukti kemampuan berbahasa Inggris seperti sertifikat IELTS. Ada juga tes TOEFL untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris.

3. Persiapan Tes SAT atau ACT

Cara mendapatkan beasiswa di luar negeri S1, S2 berikutnya antara lain Tes Scholastic Aptitude Test (SAT) dan American College Testing (ACT). Kedua tes itu merupakan ujian akademik yang menentukan apakah pelamar mampu belajar di universitas yang diinginkan. Tes SAT seperti tes matematika dan bahasa Inggris. Untuk tes bahasa Inggris mirip dengan tes psikologi.

Sedangkan tes ACT tidak berbeda dengan SAT hanya saja memiliki tes untuk sains. Untuk mengambil tes ACT bagi pelamar yang memiliki minat di bidang sains.

Selanjutnya
Halaman
1 2