Sosok Gracia Billy Mambrasar, Anak Muda Papua yang Jadi Stafsus Jokowi

Virgina Maulita Putri - wolipop Jumat, 22 Nov 2019 13:33 WIB
Sosok Gracia Billy Mambrasar, Putra Papua yang Jadi Stafsus Jokowi Foto: Gracia Billy Mambrasar (Andhika Prasetia/detikcom) Sosok Gracia Billy Mambrasar, Putra Papua yang Jadi Stafsus Jokowi Foto: Gracia Billy Mambrasar (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan tujuh staf khusus yang akan membantunya. Semuanya merupakan anak muda milenial, termasuk Gracia Billy Mambrasar yang berasal dari Serui, Papua.

Jokowi memperkenalkan Billy dan enam anak muda lainnya di beranda Istana Merdeka pada Kamis (21/11/2019) sore. Tidak hanya memiliki pendidikan yang tinggi sampai luar negeri, mereka juga terlibat dalam kegiatan sosial lewat perusahaan yang memberdayakan masyarakat.



Berikut sosok dan profil Gracia Billy Mambrasar yang dirangkum detikcom:

1. Putra Papua

Gracia Billy Yosaphat Y Mambrasar atau yang biasa disapa Billy adalah pemuda berusia 30 tahun yang berasal dari Serui, Kepulauan Yapen, Papua. Ia tumbuh besar dari keluarga kurang mampu.

Dilansir dari Antara, ayah Billy adalah seorang guru honorer dengan gaji tidak tentu. Sedangkan ibunya berjualan kue di pasar. Tidak jarang ia membantu ibunya berjualan kue.

Namun Billy beruntung karena sejak SMA ia berhasil mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua untuk bisa bersekolah di SMA favorit di Jayapura.

2. Pendidikan

Lulus SMA, Billy melanjutkan pendidikannya di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung. Sempat kesulitan memikirkan biaya kuliah, Billy berhasil mendapatkan beasiswa afirmasi dan otsus dari pemerintah.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama di perantauan, Billy pun bekerja sambil kuliah. Ia pernah mengamen, bernyanyi di kafe, dan pernikahan serta berjualan kue.

3. Mendirikan Kitong Bisa

Setelah lulus dari ITB, Billy langsung bekerja di sebuah perusahaan minyak dan gas asal Inggris. Di sana ia mendapat gaji tinggi, tapi hal tersebut justru membuatnya gelisah karena memikirkan pendidikan anak-anak Papua.

Pada tahun 2009, Billy mendirikan Yayasan Kitong Bisa untuk membantu pendidikan anak-anak di Papua dan Papua Barat yang kurang mampu. Saat ini Kitong Bisa memiliki sembilan pusat belajar dengan 158 relawan dan 1.100 anak.

Sekitar 20 anak didiknya sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi ternama dunia. Lainnya sudah berhasil menjadi pengusaha dan berkarier di sejumlah perusahaan.



4. Kuliah di Oxford

Dari kiprahnya di Kitong Bisa, Billy berhasil mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan Master di Oxford University, Inggris. Lewat tesis berjudul "Social Sustainability of LNG Project", ia berhasil menyabet gelar Master of Science.

Sebelumnya, ia juga pernah menempuh pendidikan di Australian National University pada tahun 2013-2014. Billy berhasil menyabet gelar Master of Business Administration di bidang Sustainability Management.

Dalam waktu dekat, Billy akan melanjutkan pendidikan doktoralnya di Harvard University, Amerika Serikat di bidang pembangunan manusia. Lagi-lagi, untuk membiayai pendidikannya ini Billy mendapatkan beasiswa afirmasi dari LPDP.

5. Pernah Ikut Indonesian Idol

Pada tahun 2006, Billy rupanya sempat mengikuti audisi ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Ia berhasil menjadi salah satu kontestan Top 60.

6. Ditunjuk Menjadi Stafsus

Gracia Billy Mambrasar menjadi salah satu dari tujuh milenial yang ditunjuk menjadi staf khusus Presiden Jokowi. Jokowi memperkenalkan Billy dan enam anak muda lainnya di beranda Istana Merdeka pada Kamis (21/11/2019) sore.

Sebagai putra Papua, Billy mengajak Jokowi untuk membangun Indonesia dari Papua.

"Saya berkomitmen ke Pak Presiden, 'Pak, mari kita bangun Indonesia dari Papua.' Selama ini membangun Papua dari Indonesia, sekarang membangun Indonesia dari Papua, itu narasi yang akan kita usung," kata Billy di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).


Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)