Dokter Hewan Hingga Pekerja Konstruksi, 10 Profesi yang Rentan Bunuh Diri

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 20 Nov 2019 19:30 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Pekerjaan menjadi salah satu penyebab stres. Tak jarang, pekerja menjadi depresi bahkan terpikir bunuh diri karena masalah karier.

Dilansir TIME, tingkat depresi anak-anak muda saat ini sangatlah tinggi yang tampaknya juga dipengaruhi karena karier. Begitu pun dengan tingkat bunuh diri.

Berdasarkan penelitian, ada beberapa profesi yang memang punya tingkat bunuh diri tinggi. Berikut 10 di antaranya.

Dokter Hewan Hingga Pekerja Konstruksi, 10 Profesi yang Rentan Bunuh DiriFoto: Dok. Facebook / Instagram
Dokter Hewan
Dokter adalah salah satu pekerjaan dengan tingkat bunuh diri tinggi, termasuk dokter hewan. Dikatakan bahwa dokter hewan wanita 3,5 kali lebih rentan bunuh diri dibandingkan rekan prianya. Beberapa tantangan para veteriner adalah 'menidurkan' hewan dengan penyakit yang masih bisa diobati namun pemilik tidak mampu membiayai pengobatan, penindasan online, serangan verbal dari pemilik bintang, dan stres terkait uang.

Pemadam Kebakaran/Paramedis
Mereka yang bekerja di bidang jasa ternyata juga rentan stres. Pemadam kebakaran dan paramedis yang sangat dibutuhkan di waktu-waktu berbahaya menurut riset juga rentan bunuh diri. Dilansir Business Insider, salah satu masalah yang sering mereka hadapi adalah penghasilan kecil yang membuat mereka mengambil beberapa pekerjaan sekaligus.

Pekerja Konstruksi
Pekerja konstruksi adalah salah satu profesi dengan tingkat bunuh diri tertinggi di antara para pria. Sebuah survei mengungkap bahwa pekerjaan yang tidak menentu dan sedikitnya waktu bersama keluarga mempengaruhi kesehatan mental mereka. Beberapa juga khawatir dengan keselamatan kerja karena tak sedikit pekerja konstruksi yang meninggal karena kecelakaan kerja.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kate Spade Sudah Lama Berjuang Lawan Depresi"
[Gambas:Video 20detik]