Camilan Sehat saat Jam Kantor Bisa Tingkatkan Konsentrasi?

Akfa Nasrulhak - wolipop Senin, 18 Nov 2019 09:53 WIB
Ilustrasi camilan sehat (Foto: shutterstock) Ilustrasi camilan sehat (Foto: shutterstock)

Jakarta - Ngemil saat di kantor tak selamanya bisa berakibat buruk. Kebiasaan ngemil ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Dengan catatan, apabila camilan yang dikonsumsi sehat dan mempunyai kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan daya pikir.

Bersumber dari Livestrong, menambahkan camilan sehat di antara waktu makan meningkatkan fokus dan kinerja, terutama di tempat kerja. Menurut American Dietetic Association, camilan di sore hari membuat mereka dapat melakukan tugas mereka lebih cepat dan efisien.

"Konsentrasi dalam bekerja tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat kesulitan pekerjaan, lingkungan atau suasana kantor, psikologis pekerja dan tentunya asupan nutrisinya. Nutrisi terdiri dari makanan utama, snack serta buah dan air tentu sangat diperlukan untuk kebutuhan energi dan metabolisme termasuk metabolisme otak yang penting untuk konsentrasi bekerja," jelas Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada Wolipop, baru-baru ini.


Camilan Sehat saat Jam Kantor Bisa Tingkatkan Konsentrasi? Foto: iStock

Menurut dr Muliaman, saat jam kantor, terutama di antara jam makan, karena banyaknya energi otak yang dipakai saat bekerja maka otak langsung memberikan signal lagi untuk dapat menambahkan energi lebih. Untuk itu, perlu camilan agar otak bisa tetap konsentrasi dan fokus.

"Karena lamanya waktu bekerja, camilan akan menjadi sangat penting. terutama di antara sarapan ke makan siang dan antara makan siang ke jam pulang kerja atau makan malam. Pada antara jam makan tersebut dibutuhkan camilan agar konsentrasi tetap terjaga," tambahnya.

Pada beberapa orang, lanjut dr Muliaman, baik sarapan atau makan siang yang kurang banyak dan kurang bagus kualitasnya, biasanya harus diberikan camilan karena ia akan merasa lapar. Lapar adalah suatu kondisi di mana pengiriman signal dari saluran cerna ke otak akibat kadar gula yang mulai turun.

Camilan Sehat saat Jam Kantor Bisa Tingkatkan Konsentrasi? Foto: Thinkstock

"Ini merupakan refleks di mana situasi gula darah yang rendah memicu seseorang untuk mencari makanan," ujar dr Muliaman.

Dr Muliaman menyarankan tak sembarang camilan yang dikonsumsi. Carilah camilan yang bisa mengontrol gula darah lebih stabil dan tidak menyebabkan gula darah langsung naik. Karena jika gula darah langsung naik tajam, malah akan mengakibatkan ngantuk saat bekerja.

"Contoh camilan yang seperti ini adalah donat yang terlalu manis, roti yang terlalu manis, gorengan, minuman soft drink, junk food, biskuit dan snack lain yang kasar lemak dan gulanya tinggi. Maka pilihlah snack atau camilan bisa mengontrol gula dengan baik dan memberikan rasa kenyang yang lama yaitu serat tinggi," ujar dr Muliaman.

Cobalah camilan seperti sayuran, popcorn atau bilah energi yang rendah kalori. Salah satu camilan rendah kalori yang sehat dan enak seperti Fitbar bisa menjadi pilihan camilan untuk menemani pekerjaan. Fitbar juga rendah kolesterol dan bebas lemak trans karena terbuat dari oat Australia, gandum utuh, dan quinoa.


Kombinasi grains ini disebut dengan multigrains membuat gula darah tetap stabil dan memberikan kenyang lebih lama. Sehingga menjadikan para pekerja tetap konsentrasi dan tidak mengantuk. Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Chocolate Fitbar, Fruits Fitbar, dan Nuts Fitbar.



Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)