11 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Perlu Kursus

Virgina Maulita Putri - wolipop Selasa, 12 Nov 2019 05:33 WIB
11 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Perlu Kursus Foto: Thinkstock 11 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Perlu Kursus Foto: Thinkstock

Jakarta - Kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris merupakan hal penting yang harus dimiliki saat ini. Saat mendaftar kerja atau kuliah pasti kalian akan menemukan ketentuan yang mencari kandidat yang fasih berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris sebenarnya termasuk salah satu bahasa asing yang cukup mudah untuk dipelajari. Tapi bagi mereka yang pemula bisa saja sedikit minder melihat tata bahasanya yang terlihat rumit.



Tenang saja, tanpa perlu mengikuti kursus mahal kalian juga bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah kok. Berikut 11 cara mudah belajar bahasa Inggris secara otodidak yang dirangkum Wolipop:

1. Banyak Membaca

Membaca adalah cara belajar bahasa Inggris yang paling mudah untuk dilakukan. Membaca komik, artikel online, atau buku dalam bahasa Inggris bisa memperkaya kosakata kalian sekaligus memudahkan kalian memahami tata bahasa.

2. Nonton Film Hollywood

Menonton film di Netflix tidak hanya menghibur, tapi juga bisa membantu kalian belajar bahasa Inggris. Kalian bisa mulai dengan mengaktifkan subtitle, tapi kalian bisa belajar lebih banyak tanpa menggunakan subtitle.

Menonton film dan serial televisi bisa membantu kalian mendengar bagaimana suatu kata diucapkan dan mempelajari kosakata baru.

3. Main Game Online

Game online, terutama dengan format massively multiplayer online (MMO), bisa kalian mainkan dengan banyak pemain lain. Kalian bisa memilih bermain dengan orang-orang yang berasal dari negara berbahasa Inggris, agar kalian bisa latihan berbicara sekaligus belajar dari mereka.

4. Cari Sahabat Pena

Cara belajar bahasa Inggris lainnya adalah dengan bertukar surat dengan sahabat pena. Kalian bisa saling bercerita lewat surat atau email. Saat ini, ada banyak layanan yang memungkinkan kalian menemukan sahabat pena online.

5. Cari Teman Baru

Komunitas belajar bahasa Inggris seperti Fluentify bisa membantu kalian belajar bahasa Inggris dengan teman-teman online lainnya. Kalian bisa ngobrol dengan sesama teman yang sedang belajar lewat Skype, email, atau chat.

11 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris11 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Foto: Thinkstock


6. Menyanyi

Mempelajari lirik dan menyanyikan lagu adalah cara mudah lainnya yang bisa kalian lakukan untuk belajar bahasa Inggris. Cara ini bisa membantu kalian memahami pengucapan kata dan meningkatkan kosakata. Cari lagu bahasa Inggris favorit kalian, pahami liriknya dan apa artinya.

7. Manfaatkan Aplikasi

Mengikuti kursus bahasa Inggris konvensional membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebagai alternatif kalian bisa belajar bahasa Inggris dengan bantuan aplikasi seperti Duolingo, Memrise, atau Forvo.

8. Jangan Fokus pada Grammar

Patut diingat bahwa tidak semua orang berbicara bahasa Inggris dengan grammar atau tata bahasa yang sempurna. Jangan terlalu berpatokan pada grammar, bicara apa adanya dan jangan takut salah.



9. Tulis Jurnal

Kebiasaan baik ini bisa membantu melatih kemampuan menulis dan kosakata kalian. Cara ini juga bisa membantu kalian membuat kalimat baru dan tidak mengulang kalimat yang sudah kalian ketahui sebelumnya.

10. Dengarkan Podcast

Saat ini banyak podcast dan program audio yang ditujukan untuk membantu seseorang belajar bahasa Inggris. Salah satunya adalah program Learning English yang diciptakan BBC untuk membantu berlatih bahasa Inggris.

11. Terus Latihan

Cara mudah belajar bahasa Inggris lainnya adalah dengan terus latihan untuk meningkatkan kemampuan percakapan. Gunakan kemampuan percakapan kalian seoptimal mungkin, kapan pun, dan di mana pun.

Jangan takut salah atau takut menyebutkan sesuatu dengan tidak benar. Tidak menggunakan keterampilan berbicara justru akan memperlambat proses belajar bahasa Inggris kalian.



Simak Video "Sukses Kencani 5 Ribu Pria, Cewek Ini Buka Kursus"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)