5 Miliuner yang Tidak Lulus SMA, Jay-Z Hingga Bos Zara

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 07 Nov 2019 08:37 WIB
Foto: Ethan Miller/Getty Images Foto: Ethan Miller/Getty Images

Jakarta - Pendidikan memang berperan penting dalam kesuksesan seseorang. Tapi tak sedikit orang di dunia yang bisa jadi kaya tanpa sekolah tinggi bahkan gelar diploma. Sejumlah orang yang bahkan tidak menyelesaikan bangku SMA berikut sukses membuktikan bahwa siapapun dapat menjadi miliuner. Berikut lima orang tersebut yang bisa jadi inspirasi Anda.

1. Zhou Qunfei

5 Miliuner yang Tidak Lulus SMA, Jay-Z Hingga Bos Zara Foto: Lens Technology
Zhou Qunfei adalah CEO dari Lens Technology yang memproduksi kaca untuk brand-brand terkenal, seperti Apple, Samsung hingga Tesla. Di tahun 2015, perusahaan tersebut sudah 'go public' dan saham Zhou Qunfei sendiri bernilai $7,2 miliaran. Zhou belajar keuangan dengan menghadiri kelas akunting saat malam dan membuka perusahaan lensanya sendiri yang juga dikelola oleh keluarga.

"Aku sudah mengalami banyak kesulitan dan halangan sebagai pengusaha. Tapi kunci untuk sukses adalah dengan gigih, terutama ketika masa-masa sulit," ungkap wanita tersebut kepada CNBC.

2. Amancio Ortega
5 Miliuner yang Tidak Lulus SMA, Jay-Z Hingga Bos Zara Foto: Getty Images
Bos Zara ini bahkan tidak pernah mencicipi bangku SMA karena sudah putus sekolah di usia 14. Ketika itu, Amancio memilih untuk bekerja sebagai penjaga toko. Dengan kerja keras dan kegigihan, ia pun menemukan Zara yang kini telah memiliki cabang di berbagai negara. Pria terkaya kedua di Eropa itu pun memiliki kekayaan senilai $70,4 miliar.



3. Francois Pinault
5 Miliuner yang Tidak Lulus SMA, Jay-Z Hingga Bos Zara Foto: Getty Images
Founder dari perusahaan barang mewah Kering ini juga putus sekolah ketika masih kecil. Di usia 11 tahun, ia berhenti sekolah dan bekerja di pabrik kayu ayahnya. Saat itu, Francois sering diejek oleh teman-temannya karena datang dari keluarga miskin. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk sukses hingga memiliki kekayaan senilai $33,2 miliaran.

4. Jay-Z
5 Miliuner yang Tidak Lulus SMA, Jay-Z Hingga Bos Zara Foto: Theo Wargo
Jay-Z merupakan artis hip-hop pertama dengan status miliuner tahun ini. Ia tidak pernah lulus dari SMA meski mengajak orang-orang untuk meneruskan sekolah dan menghargai pendidikan. Suami Beyonce ini mendapat kekayaan dari saham-sahamnya dalam brand minuman, real estate, hingga berbagai perusahaan lain, seperti Uber.

"Pendidikan sangat penting. Aku tidak punya diploma SMA atau kuliah tapi tetap saja untukku bisa mengartikulasi, aku belajar di beberapa jenis sekolah untuk mengartikulasi pikiran-pikiranku," ujar pria dengan kekayaan $1 miliar tersebut di Carnegie Hall.

5. Richard Branson
5 Miliuner yang Tidak Lulus SMA, Jay-Z Hingga Bos Zara Foto: Getty Images
Berbeda dengan miliuner lain, Richard Branson terpaksa harus keluar sekolah karena bermasalah dengan disleksia. Setelah putus SMA, ia menemukan bisnis pertamanya yakni majalah siswa yang kemudian menjadi label musik Virgin Records. Kekayaan Branson sendiri dikatakan mencapai $3,9 miliar.

Simak Video "Tempat Orang Kaya Belanja Fesyen Top Harga ‘Receh' di Dekat Paris"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)