Tren Bonus Kerja Kekinian untuk Wanita, Pembekuan Sel Telur Hingga Botox

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 01 Nov 2019 21:12 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Zaman sekarang gaji dan tunjangan saja kadang tidak cukup untuk menarik hati millennial. Pekerja muda menginginkan sesuatu yang lebih dari penghasilan berupa uang yang bisa dibanggakan di media sosial. Mengetahui hal tersebut, banyak perusahaan menawarkan insentif ekstra untuk para pekerjanya. Perusahaan teknologi, seperti Facebook, Google, Apple, Netflix, dan lainnya menjadi pelopor bonus-bonus tak biasa, seperti pembekuan sel telur hingga liburan tanpa batas.

Berdasarkan survey Employment Confidence yang dilakukan Glassdoor, 80% pekerja lebih menginginkan insentif atau keuntungan lain selain uang dari pada kenaikan gaji. Sebuah agensi komunikasi bernama Bournemouth pun ingin memanjakan para pekerja dengan mengikuti tren pemberian insentif yang bisa sangat menggiurkan bagi banyak wanita, yakni Botox. Hal itu pun dilakukan untuk menarik dan menyemangati para karyawan.

"Sebagai sebuah bisnis kecil, memiliki tim yang produktif dan bahagia adalah keharusan. Menemukan staff yang bagus adalah tantangan tersendiri jadi aku bekerja keras untuk mencoba dan menahan mereka. Ada banyak penelitian di luar sana yang menunjukkan bahwa tim yang diberi insentif dan penghargaan biasanya lebih bahagia," ungkap Sunny Bird, founder Bournemouth.

Menurut Sunny, sebenarnya penghargaan kepada pekerja tak perlu berupa uang. Untuk menjaga pekerja tetap senang dan puas, hal kecil seperti mengucapkan terima kasih bisa membuat mereka tetap merasa diapresiasi. Namun sebagai bonus, ia pun memberikan setiap pekerja uang tambahan senilai £100 (Rp 1,8 juta) per bulan yang bisa digunakan sesuai keinginan, termasuk Botox.

Selain Botox, banyak perusahaan berusaha menyenangkan hati para pekerja dengan insentif-insentif menarik, mulai dari cuti shopping hingga cuti saat punya anak anjing.

1. Pembekuan Sel Telur
Tren pembekuan sel telur sebagai salah satu bonus dari perusahaan meningkat belakangan ini. Banyak wanita memilih untuk menunda punya anak untuk fokus pada pekerjaan tampaknya menginspirasi insentif tersebut. Perusahaan pun menawarkan hal ini untuk menarik dan mempertahankan karyawan wanita mereka. Facebook adalah yang pertama yang menawarkannya diikuti oleh Google dan Apple. Di 2019, pembekuan sel telur semakin banyak ditawarkan, termasuk oleh Uber, eBay, Yahoo, Spotify, hingga Snapchat.

2. Botox
Bournemouth menawarkan Botox kepada para karyawan melalui alat trading bisnis online bernama BBX. Dengan bonus tersebut, pekerja wanita sebenarnya dapat memesan apapun, seperti perawatan rambut, perjalanan akhir pekan, tiket liburan, dan juga Botox.

3. Cuti untuk Merawat Bayi Anjing
Mulai banyak perusahaan yang mendukung keseteraan peran antara ibu dan ayah dalam merawat anak. Karena itu, ditawarkan pula cuti hingga berbulan-bulan untuk ayah yang baru punya anak bukan hanya ibu. Namun muncul cuti baru terkait 'anak' yang bisa menjadi kabar bahagia bagi para pemelihara hewan. Kini mulai banyak perusahaan menawarkan cuti untuk mereka yang baru punya anak anjing.

4. Liburan Tanpa Batas
Virgin, Netflix, dan LinkedIn mendukung para pekerja untuk banyak cuti. Mereka banyak menawarkan mereka untuk liburan tanpa batas. Sayangnya, hal ini belum banyak dilakukan perusahaan apalagi di Indonesia. Hanya 9% perusahaan di Amerika Serikat yang sudah resmi menerapkannya.

5. Cuti Shopping
AsuransiSwinten memberikan bonus yang bisa sangat berguna bagi para karyawan di musim liburan. Untuk mempermudah mereka mendapatkan barang-barang yang diinginkan ketika Natal diberikan cuti untuk shopping. Cuti tersebut pun dikatakan dapat diambil kapan saja selama bulan Desember.


Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)