Pertanyaan Interview yang Sering Muncul dan Cara Menjawabnya

Tasya Awlia - wolipop Jumat, 01 Nov 2019 06:50 WIB
Pertanyaan Interview yang Sering Muncul dan Cara Menjawabnya/Foto: iStock Pertanyaan Interview yang Sering Muncul dan Cara Menjawabnya/Foto: iStock

Jakarta - Persiapan terbaik saat melakukan interview untuk pertama kali, dengan memahami jenis dan tipe pertanyaan yang sering diajukan. Dalam interview tak jarang pertanyaan diajukan dalam Bahasa Inggris, sehingga harus disiapkan betul jawabannya.


Panggilan interview merupakan sesuatu yang membahagiakan, terutama bagi Anda yang berstatus fresh graduate kuliah ataupun lulusan SMK. Namun seringkali dianggap menegangkan bagi sebagian orang. Sebab interview merupakan penentu diterima atau tidaknya pelamar di suatu perusahaan.


Simak pertanyaan interview yang sering muncul:



1 Menceritakan Diri

Menceritakan diri terdengar begitu sederhana. Tetapi ingat anda sedang melakukan interview dengan HRD. Tahap ini merupakan cara kamu memperlihatkan bagaimana berkomunikasi dengan baik. Mulai dengan background pendidikan, pengalaman atau pencapaian terbaikmu, dan diakhiri dengan pengalaman terkini yang membuatmu mendapatkan pekerjaan yang sebelumnya.

2. Kelebihan Yang Dimiliki

Pertanyaan tentang kelebihan diri yang kamu miliki sering muncul saat interview. HRD akan bertanya apa saja kelebihan yang kamu miliki. Jawablah pertanyaan dengan rendah hati dan tidak menyombongkan diri, berikan jawaban yang spesifik dalam bidang pekerjaan kamu, jangan lupa memberikan contoh bagaimana cara mendemonstrasikan diri dalam konteks profesionalisme di kantor atau perusahaan.


3. Alasan Perusahaan Harus Merekrutmu

Saat interview HRD akan bertanya alasan perusahaan harus merekrut dirimu. Mereka harus memastikan, kamu orang yang tepat untuk menjadi bagian dari perusahaan. Beri jawaban yang mencangkup 3 hal penting : kamu bukan hanya pekerja, tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang terbaik; mudah beradaptasi dengan tim; dan mudah beradaptasi dengan budaya kerja di perusahaan tersebut. Maka kamu akan menjadi salah satu pilihan terbaik dari kandidat yang lain.


4. Pernahkah Terlibat Konflik di Tempat Kerja

HRD ingin mengetahui bagaimana kamu menyelesaikan suatu konflik, bila memang punya jujur saja. Namun, sambil meyakinkan HRD kamu bisa menyelesaikan permasalahan dengan cara yang professional.


5· Rencanamu 5 Tahun Ke depan

Pertanyaan yang sering diajukan oleh HRD, bagaimana masa depanmu 5 tahun ke depan bersama dengan perusahaan. HRD tak ingin mendapatkan karyawan yang baru beberapa bulan bekerja sudah pindah ke tempat lain. Untuk menjawabnya, berfikir realistis kira-kira ke mana karir kamu akan bergerak di posisi yang ditawarkan.



6· Gaji Yang Diinginkan

Cari tahu terlebih dahulu gaji dengan posisi yang kamu lamar, tentukan nominal yang masuk akal. Sesuai dengan latar belakang pendidikan,pengalaman dan skill yang kamu miliki.


7· Ajuan Pertanyaan Baik

HRD akan menawarkan dirimu bertanya mengenai perusahaan, ini waktu yang tepat untuk mencari tahu lebih banyak mengenai perusahaan dan posisi yang kamu inginkan. Cobalah bertanya secara spesifik misalnya " apa yang membuat karyawan senang bekerja di sini?".


Selebihnya, jawablah pertanyaan interview yang diajukan dengan santai, anggap saja sedang mengobrol biasa tetapi dengan topik pembahasan karir dan masa depanmu. Semoga berhasil ya !



Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)