Seram, Boneka Ini Wujud Nyata Karyawan Kantoran yang Kebanyakan Duduk

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 31 Okt 2019 18:29 WIB
Foto: fellowes Foto: fellowes

Jakarta - Duduk di bangku dan menatap layar komputer untuk waktu yang lama dapat memberikan efek negatif bagi tubuh dan kesehatan kita. Bagaimana jadinya jika kita harus melakukan hal ini setiap hari karena tuntutan pekerjaan? Sebuah peneliti yang dipimpin oleh William Higham, seorang futuris perilaku, membuat boneka mengerikan dengan ukuran asli manusia untuk memperlihatkan penampilan 20 tahun ke depan dari karyawan kantoran yang terlalu banyak duduk menatap layar komputer.

Seram, Boneka Ini Wujud Nyata Karyawan Kantoran yang Kebanyakan Duduk Foto: fellowes

Boneka yang wujudnya serupa manusia ini diberi nama Emma. Penampilan boneka ini memperlihatkan kemungkinan buruk dari bentuk tubuh para karyawan kantoran di masa depan jika kurang bergerak. Emma tampak memiliki mata yang kering dan merah karena terlalu banyak menatap layar laptop, postur tubuh agak membungkuk, kelebihan berat badan, beberapa anggota tubuh bengkak akibat peredaran darah yang buruk, penyakit kulit akibat stres, serta beberapa gejala lain yang menghawatirkan.

[Gambas:Youtube]


Boneka Emma dibuat berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh perusahaan alat-alat kantor, Fellowes pada lebih dari tiga ribu pekerja kantoran di Prancis, Jerman, dan Amerika Serikat. Dari penelitian tersebut ditemukan sebanyak 50% pekerja kantoran mengeluhkan mata sakit, 49% sakit punggung, 48% sakit kepala, 45% leher mati rasa, dan beberapa gejala-gejala lain yang dirasakan.


"Kecuali jika kita membuat perubahan radikal pada kehidupan kerja kita, seperti bergerak lebih banyak, mengatasi postur tubuh kita di meja, mengambil istirahat berjalan secara teratur, atau mempertimbangkan memperbaiki pengaturan sistem kerja kita, kantor kita akan membuat kita sangat sakit," kata William Higham, sang pemimpin riset seperti dikutip Oddity Central.


Jadi bukan tidak mungkin jika para pekerja kantoran enggan berusaha lebih banyak bergerak maka 20 tahun ke depan postur tubuh mereka akan seperti Emma. Boneka Emma sengaja dibuat untuk memperingatkan seberapa besar pengaruh tempat kerja bagi penampilan fisik para pekerjanya di masa depan.

Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)