Mengenal Ankatama, Eks Penyiar di Balik Podcast Rapot dan ObrolanBabibu

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 31 Okt 2019 18:07 WIB
Ankatama Ruyatna (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop) Ankatama Ruyatna (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Jakarta - Buat kamu yang suka mendengar podcast Rapot, mungkin sudah tak asing lagi dengan suara Ankatama Ruyatna. Sebelum menjadi seorang podcaster, Anka, begitu panggilan akrabnya, cukup lama melanglang buana sebagai penyiar radio.

Selama hampir 12 tahun Anka melakoni profesi tersebut. "Dari kelas dua SMA aku jadi penyiar radio," ujar Anka saat berbagi pengalamannya di media workshop yang digelar Tokopedia, Kamis (31/10/2019).


[Gambas:Instagram]


Belasan tahun menjadi penyiar rupanya membuat perempuan kelahiran Bern, Swiss, 24 Maret 1988 itu, jenuh. Ia pun memutuskan untuk hengkang dari dunia yang telah membesarkan namanya itu.

Setelah beberapa bulan absen sebagai announcer, Anka merasa ada yang hilang dari dirinya karena lama tak siaran. Untuk melepas rasa kangen menjadi penyiar, Anka lantas melirik media podcast.

Kebetulan, Anka memiliki beberapa teman mantan penyiar yang rindu siaran sehingga terbentuklah podcast Rapor. Di podcast tersebut, Anka berbagi cerita dan keseruan bersama Reza Chandika, Radhini Aprilya dan Natasha Abigail.


Mengenal Ankatama, Eks Penyiar di Balik Podcast Rapot dan ObrolanBabibuFoto: Daniel Ngantung/Wolipop
Lewat podcast, Anka merasa bisa menjadi dirinya sendiri. "Nyaman banget nge-podcast dari kasur sambil pakai baju jelek sedunia. Itu nggak akan bisa aku lakukan saat siaran di radio. Hehehe," ungkap Anka.

Tak seperti radio yang dibatasi dengan aturan dan topik tertentu, Anka bisa bebas meluapkan segala sesuatu yang menurutnya penting untuk dibahas. Pernah suatu kali ia berbagi cerita tentang pengalaman sedihnya menjadi seorang 'bucin' alias budak cinta dan akhirnya berujung viral.

Sejak mengudara pertama kali pada 4 Maret 2019, Anka bersama tiga rekannya di Rapot sudah membuat 34 episode dengan topik beragam. Obrolan yang dibungkus guyonan seru membuat Rapot disukai para pendengar podcast. Rapot bahkan sempat bertengger di posisi puncak podcast terfavorit versi Spotify dan iTunes.

[Gambas:Instagram]


Selain Rapot, Anka juga punya podcast bersama suaminya yang juga pernah menjadi penyiar radio, Esha Mahandera. Di podcast #ObrolanBabibu, Esha (Baba) dan Anka (Bibu) berbagi cerita seputar rumah tangga dan segala hal seputar relationship. Dikaruniai seorang putra, mereka juga membahas pengalaman menjadi orangtua.

"Salah satu donts kalau mau jadi podcaster, jangan membicarakan satu hal yang tidak berhubungan dengan diri kamu. Being real to yourself, karena menurutku podcast adalah media yang bagus banget buat merilis emosi dan segala pikiran supaya kita bisa menjadi orang yang lebih menjajak di bumi. Keluarin semua yang ada di dalam diri, tapi jangan pernah mengada-ada ya," terang Anka.

Simak Video "Tips dan Trik Bikin Podcast yang Seru"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)