3 Menteri Millennial Dunia, Ada Nadiem Makarim dan Menpora Malaysia

Hestianingsih - wolipop Kamis, 24 Okt 2019 16:41 WIB
Menpora Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman meninjau venue Asian Games di Palembang. Foto: Andhika/detikcom Menpora Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman meninjau venue Asian Games di Palembang. Foto: Andhika/detikcom

Jakarta - Nadiem Makarim menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Berusia 35 tahun, mantan bos GO-JEK ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menggantikan Muhadjir Effendy.

Seperti Indonesia, beberapa negara ini juga mempercayakan urusan negara kepada generasi millennial. Ini para pemuda yang menjabat sebagai menteri.

1. Shamma Al Mazrui

Foto: Instagram/@shamma

Lahir pada 1993, Shamma Al Mazrui merupakan politisi Arab yang ditunjuk sebagai Menteri Urusan Kepemudaan di Uni Emirat Arab. Saat resmi menjabat pada Februari 2016, usianya masih 22 tahun. Lulusan Magister Kebijakan Publik dari Universitas Oxford ini pun menjadi menteri termuda di dunia pada waktu itu.
2. Syed Saddiq
Foto: Instagram/syedsaddiq

Menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia di usia 25 tahun, Syed Saddiq menjadi menteri termuda di Asia. Ia terpilih masuk dalam jajaran kabinet Perdana Menteri Mahathir Mohamad pada Juli 2018. Selain prestasinya karena berhasil dipercaya sebagai menteri, Syed juga dikagumi karena wajah tampannya.
3. Nadiem Makarim
Foto: Lamhot Aritonang

Nadiem Makarim termasuk sosok mengejutkan dalam Kabinet Indonesia Maju yang dipilih Presiden Jokowi. Ia bersyukur bisa mengemban tugas sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Eks bos Go-Jek itu mengaku alasan dirinya dipilih Jokowi lantaran diharapkan mampu mengantisipasi masa depan.

Untuk menyiapkan kebutuhan tenaga kerja masa depan, Nadiem menekankan pentingnya pendidikan berbasis teknologi. Dalam proses pencapaian visi ini, Nadiem menyebut pentingnya pendidikan berbasis kompetensi dan karakter.

Simak Video "Deretan Menteri Muda Malaysia yang Bikin Salah Fokus"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)