Mengenal 5 Wanita Inspiratif Pilihan Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 23 Okt 2019 10:39 WIB
Foto: Sri Mulyani usai bertemu Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom) Foto: Sri Mulyani usai bertemu Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta -

Jokowi baru saja mengumumkan jajaran menteri di kabinet pemerintahan terbarunya. Lima di antaranya adalah wanita. Simak profil singkat ke lima wanita inspiratif tersebut.

1. I Gusti Ayu Bintang Darmavati - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Mengenal 5 Wanita Inspiratif Pilihan Jokowi di Kabinet Indonesia MajuFoto: (Andhika Prasetia/detikcom).
I Gusti Ayu Bintang Darmavati diumumkan sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Istri mantan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga tersebut sebelumnya berkiprah di berbagai organisasi, termasuk Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar OASE Kabinet Kerja. Bintang pun menjadi menteri wanita pertama dari Bali.

Selain berpengalaman di sejumlah organisasi, Bintang juga dianggap cukup beperan dalam mendukung suaminya selama menjadi menteri terlebih wakil gubernur Bali. Dalam posisi terbarunya ini, Jokowi mengatakan bahwa tugasnya termasuk mendukung wanita dalam kewirausahawan hingga menghapus pekerja anak.



2. Sri Mulyani Indrawati - Menteri Keuangan
Mengenal 5 Wanita Inspiratif Pilihan Jokowi di Kabinet Indonesia MajuFoto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Sri Mulyani bukan nama yang asing dan mengejutkan lagi ketika diumumkan masuk dalam jajaran menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf. Sebelumnya, Sri Mulyani juga sudah dipercaya untuk menjabat posisi yang sama. Pengalamannya yang juga pernah menjadi Managing Director World Bank pun tak perlu diragukan. Jokowi mengatakan bahwa wanita kelahiran Bandar Lampung itu akan kembali mengurus berbagai persoalan keuangan Indonesia mengenai pajak hingga utang pemerintah.

3. Retno Lestari Priansari Marsudi - Menteri Luar Negeri
Mengenal 5 Wanita Inspiratif Pilihan Jokowi di Kabinet Indonesia MajuFoto: Andhika Prasetia/detikcom
Seperti Sri Mulyani, Retno Marsudi juga sudah berpengalaman sebagai menteri. Dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, ia pun dipercaya untuk memegang bidang yang sama seperti sebelumnya. Menjadi wanita pertama yang menjabat Menteri Luar Negeri, sebelumnya berpengalaman sebagai duta besar. Ia pun telah meraih berbagai penghargaan, termasuk 'Agen Perubahan' dari PBB di bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan.

4. Siti Nurbaya Bakar - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Mengenal 5 Wanita Inspiratif Pilihan Jokowi di Kabinet Indonesia MajuFoto: Siti Nurbaya tiba di Istana. (Andhika-detikcom)
Siti Nurbaya Bakar pun akan kembali ditunjuk Jokowi untuk menjajal posisi menteri. Tentu Siti sudah tahu mengenai permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan yang belakangan terjadi di Indonesia. Diminta Jokowi untuk melanjutkan kerjanya, Siti menyebutkan jika masalah lapangan kerja tengah menjadi perhatiannya terutama di perkebunan tebu dan pangan. Begitu juga terkait mini hutan rakyat serta hutan sosial.



5. Ida Fauziyah - Menteri Ketenagakerjaan
Mengenal 5 Wanita Inspiratif Pilihan Jokowi di Kabinet Indonesia MajuFoto: Ida Fauziyah (Andhika Prasetia/detikcom)
Ida Fauziyah adalah nama baru dalam jajaran kementerian. Ida merupakan Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dalam pertemuannya di Istana beberapa waktu lalu, Ida mengaku telah membahas soal penciptaan lapangan kerja hingga implementasi kartu kerja dengan Jokowi. Lulusan Universitas Satyagama di jurusan Ilmu Pemerintahan itu diketahui mengawali karier sebagai guru. Ia menjadi anggota DPR untuk pertama kalinya pada tahun 1999 dan pernah memimpin sidang paripurna DPR RI pada 1999-2004 di usia yang tergolong muda.


Simak Video "Deretan Menteri Muda Malaysia yang Bikin Salah Fokus"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)