Ini Daftar Universitas di Indonesia Penghasil Lulusan Kerja Terbaik

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 22 Okt 2019 13:37 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Semua orang yang ingin menimba ilmu akademis pasti berharap bisa masuk universitas bagus dan bergengsi. Universitas top dianggap dapat membimbing mahasiswa ke arah masa depan yang lebih baik. Lulusan dari kampus-kampus terkenal juga biasa akan lebih dicari atau diminati perekrut dan perusahaan.

Beberapa waktu lalu QS World University Rankings merilis daftar universitas dengan lulusan terbaik. QS Graduate Employability Rankings 2020 itu pun mengungkap kampus mana saja yang menghasilkan mahasiswa-mahasiswa incaran perusahaan berdasarkan data. Dari daftar lembaga pemeringkatan dengan reputasi internasional tersebut, bisa dilihat jika kebanyakan universitas memang dikenal berkualitas.

Dilansir situsnya, pengumpulan data ini dilakukan untuk menunjukkan hubungan antara pilihan universitas dengan karier. Dengan begini, para pelajar pun dapat mengetahui kesempatan seperti apa yang ditawarkan kampus atau calon kampus mereka untuk masa depan karier.

QS mengumpulkan 500 universitas di dunia yang masuk dalam daftar Graduate Employability Rankings 2020 di mana MIT Amerika Serikat menempati urutan pertama. Dari Asia, ada 134 lembaga pendidikan yang masuk sebagai universitas dengan lulusan kerja terbaik. Dua kampus Asia yang masuk 10 besar adalah Tsinghua University dan The University of Hong Kong. Bagaimana dengan Indonesia?

Dari 134 universitas bergengsi Asia yang masuk daftar, enam kampus di Indonesia ada di antaranya. Berikut daftar sekaligus peringkat enam universitas Indonesia yang dinilai menghasilkan lulusan kerja terbaik dari 500 kampus di dunia:

74. Institut Teknologi Bandung
76. Bina Nusantara University
81. Universitas Diponegoro
112. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
120. Universitas Gadjah Mada
129. Universitas Indonesia

Sayangnya, tahun ini belum ada universitas Indonesia yang masuk dalam 15 besar kampus terbaik di Asia berdasarkan lulusan kerjanya. Berikut daftar lembaga pendidikan yang masuk 15 universitas terbaik dari 500 kampus di dunia:

6. Tsinghua University, China
9. The University of Hong Kong, Hong Kong
19. Peking University, China
23. The University of Tokyo, Jepang
24. National University of Singapore (NUS), Singapura
28. Seoul National University, Korea Selatan
29. Fudan University, China
34. Waseda University, Jepang
35. Zhejiang University, China
43. Shanghai Jiao Tong University, China
50. Keio University, Jepang
51. American University of Beirut (AUB), Libanon
53. Kyoto University, Jepang
56. National Taiwan University (NTU), Taiwan
65. Tokyo Institute of Technology, Jepang


Simak Video "Benar Atau Nggak Sih Tikus Doyan Makan Keju?"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)