Deretan Camilan Sehat yang Bisa Temani Kamu di Kantor

Akfa Nasrulhak - wolipop Senin, 07 Okt 2019 16:37 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Kerja sambil ngemil memang mengasyikkan. Namun, kamu perlu menyiasati ngemil dengan memilih makanan sehat sebagai penyelamat di kala lapar mendera.

Pasalnya, camilan sehat untuk temani kamu bekerja di kantor adalah kunci untuk tetap bersemangat dan fokus. Terlebih saat kamu tengah menggarap proyek besar atau kerjaan yang menumpuk kerjaan di meja kerja. Cemilan sehat bisa membantu menjaga energi dan gula darah kamu tetap stabil.

"Camilan atau snack yang dikonsumsi saat jam kantor sangat mempengaruhi energi dan gula darah. Biasanya saat jam 10-an sebelum makan siang dan jam 4 sore sebelum pulang kadar gula darah dan energi mulai berkurang. Apalagi kalau sarapan dan makan siang sangat diatur, ditambah lagi pada saat jam kerja ada deadline dan kerjaan yang memerlukan energi tambahan," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada Wolipop baru-baru ini.


Namun perlu diingat, dr Muliaman menyarankan agar memilih camilan yang energinya terkontrol. Usahakan untuk cemilan yang mengandung energi atau kalori sekitar 90-100 kcal saja.

"Biasanya kandungan kalori untuk cemilan jangan lebih dari 100 kcal/serving. Yang dianjurkan 90-100 kcal, kalau terlalu tinggi membuat penambahan kalori dan kalau terlalu rendah membuat cepat lapar lagi," ujarnya.

Selain itu, perhatikan pula bahan-bahan dari snack itu jangan yang dapat langsung menaikkan gula darah. Cemilan yang sehat bisa dari buah-buahan, salad, atau membawa bekal camilan yang sehat dari rumah seperti kacang-kacangan.

"Kamu juga bisa membawa protein bar, energy bar, fruit and multigrain. Hindari terlalu sering membawa cemilan yang terlalu manis seperti setiap hari makan ubi rebus atau gorengan," ujarnya.

Adapun multigrain, lanjut dr Muliaman adalah makanan gabungan dari beberapa biji-bijan seperti oat, barley, gandum, jagung, kacang yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan atau snack. Multigrain akan memberikan manfaat seperti serat tinggi dan mengontrol gula darah (tidak langsung meningkat tajam ketika di konsumsi).


Sehingga kalau multigrain ini digabungkan dalam satu snack, maka akan menjadi pilihan camilan yang sehat selama di kantor. Salah satu camilan seperti Fitbar bisa menjadi pilihan untuk tetap kenyang dan rendah kalori agar tetap bugar di malam hari.

Fitbar dengan multigrain, paduan oat, quinoa dan gandum utuh yang merupakan sumber serat. Snack bar ini bebas dari kolesterol, bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Jauh lebih rendah dibandingkan snack-snack lainnya.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)