Atasi Kantuk, Ini Rekomendasi Cemilan Buat Pekerja Shift Malam

Akfa Nasrulhak - wolipop Rabu, 11 Sep 2019 09:56 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta -

Kebanyakan pekerja kantoran diwajibkan untuk bekerja dari pagi hingga sore. Namun, beberapa profesi lain mungkin menuntut pekerjanya memiliki jam kerja yang terbalik, dari malam hingga pagi.

Bagi kamu pekerja shift malam, mau tak mau tentu harus bisa tetap terjaga sepanjang malam. Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, jaga malam hanyalah perubahan waktu kerja saja, asalkan kita tidur dengan teratur di siang hari, maka tidak menjadi masalah.

"Yang penting total tidur sehari cukup 6-8 jam. Makanan ringan pada malam hari biasanya sering dikonsumsi tengah malam adalah saat begadang biar tidak lapar. Snack sendiri sebetulnya tidak menghilangkan rasa kantuk, kecuali snack-nya dibarengi dengan kopi atau snackn-ya mengandung kopi," ujar dr Muliaman kepada Wolipop, Rabu (11/9/2019).

Menurut dr Muliaman, kopi mengandung kafein yang membuat dan bisa merangsang syaraf simpatis sehingga membuat beberapa orang lebih aware dan tidak ngantuk setelah minum susu. Minum 2 gelas kopi sehari tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, sebuah penelitian dari University of South Australia, menunjukkan makanan ringan sederhana bisa menjadi pilihan untuk memaksimalkan kewaspadaan dan produktivitas, terutama saat bergadang di malam hari.

"Makanan ringan yang dianjurkan yang rendah kalori sekitar 90-100 kcal/potong, tinggi serat, dan membuat kenyang lebih lama dan tentu rasanya yang enak dan disukai," ujar dr Muliaman.

Selain pola tidur dan camilan menyehatkan, camilan seperti Fitbar bisa menjadi pilihan untuk tetap kenyang dan rendah kalori agar tetap bugar di malam hari. Fitbar dengan multigrain, paduan oat, quinoa dan gandum utuh yang merupakan sumber serat. Snack bar ini bebas dari kolesterol, bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Jauh lebih rendah dibandingkan snack-snack lainnya.





Simak Video "Fashion Show Victoria's Secret 2019 Resmi Dibatalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)