Trik Menghadiri Interview Kerja di Perusahaan Lain Tanpa Ketahuan Bos

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 04 Sep 2019 05:20 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Mencari pekerjaan baru dan pindah perusahaan adalah sesuatu yang wajar. Tapi kadang meninggalkan kantor lama bukan hal yang mudah. Meluangkan waktu untuk mencari lowongan, mengirim CV dan surat lamaran selagi bekerja butuh usaha ekstra. Apalagi untuk menghadiri interview yang biasanya dilakukan saat jam kerja. Berikut enam trik menghadiri wawancara kerja di perusahaan lain.

'White Lie'
Kebanyakan pekerja tidak ingin bos tahu mereka berencana untuk pindah kerja. Saat dapat tawaran wawancara pun biasanya hal tersebut tidak diinformasikan kepada atasan. Karena itu, tak sedikit profesional yang terpaksa harus berbohong untuk menutupinya. Jika ini satu-satunya jalan yang bisa dilakukan, pastikan untuk berbohong secara rapi.

"Jika berbohong (demi kebaikan) tidak dapat dihindari, pastikan hal tersebut adalah kepanjangan dari sebuah kebenaran. JIka kamu berencana meeting di luar kantor, coba untuk satukan wawancara dengan meeting itu. Ini akan membuat kolegamu tahu bahwa kamu keluar kantor untuk alasan yang bagus," ungkap pakar karier Peggie Temple kepada Cosmopolitan.

Minta Cuti/Izin Sakit
Beberapa orang akan memilih jalan pintas dengan mengaku sakit agar bisa melakukannya. Tapi trik menghadiri wawancara kerja di perusahaan lain yang lebih aman adalah dengan meminta cuti. Dari pada berbohong yang berisiko, Anda bisa mengambil cuti untuk alasan pribadi.

Pakar David Baddeley pun lebih menyarankan bahwa Anda mengambil cuti cukup panjang pada suatu periode untuk fokus mencari pekerjaan baru. Jadi, kirimkan CV dan surat lamaran ke sejumlah perusahaan di waktu yang sama lalu ambil cuti sekitar seminggu untuk bisa menghadiri wawancara dengan lebih tenang.

"Ini memberikan kesempatan untuk kamu menghadiri beberapa wawancara, termasuk wawancara kedua tanpa membuat kantor berspekulasi," kata David.

Izin Makan Siang Lebih Lama
Salah satu tips mudah menghadiri interview tanpa ketahuan bos adalah memanfaatkan jam makan siang. Apalagi jika jarak kedua kantor tidak terlalu jauh. Namun wawancara bisa membutuhkan waktu yang lebih panjang dari pada sekadar makan di luar kantor. Karena itu, disarankan untuk meminta izin kepada bos untuk makan siang lebih lama.

Izin Bekerja dari Rumah
Trik lain yang bisa dilakukan adalah meminta izin untuk bekerja dari rumah. Terlebih untuk Anda yang memang punya fleksibilitas untuk tidak harus ke kantor setiap harinya. Untuk cara ini, Anda mungkin harus memikirkan alasannya, misalnya sedang tidak enak badan atau butuh konsentrasi ekstra. Dengan begitu, Anda pun tak akan merasa bersalah meninggalkan pekerjaan.

Minta Wawancara di Luar Jam Kerja
Tidak bisa berbohong dan ingin cara yang lebih aman? Coba minta kepada pihak perusahaan yang menawari wawancara untuk melakukannya di luar jam kerja. Misalnya saja setelah jam kerja atau sebelum masuk kantor.

"Bernegosiasi waktu bukanlah hal yang negatif. Itu menunjukkan bahwa kamu orang yang diandalkan di tempat kerja dan kehadiranmu punya peran. Jika kamu tahu bahwa tidak mungkin keluar kantor, beri tahu pewawancara dan hadirkan alasannya mengapa, lalu hadirkan alternatif waktu yang lebih memungkinkan. Berterima kasih sebelumnya jika itu jatuh di jam-jam sosial (setelah jam kerja)," kata Peggie.

Jujur
Pilihan terakhir dan yang paling aman adalah dengan mengatakan sejujurnya. Jelaskan mengapa Anda ingin pindah kerja agar atasan mengerti dan memperbolehkan. Dengan begini, Anda bisa wawancara di kantor lain lebih tenang tanpa ada kemungkinan menghancurkan masa depan.

Simak Video "Fashion Show Victoria's Secret 2019 Resmi Dibatalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)