Ingin Kuliah di Luar Negeri? Ini 10 Kota Pelajar Terbaik di 2019

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 30 Agu 2019 19:26 WIB
Ilustrasi kota pelajar terbaik di dunia. Foto: iStock Ilustrasi kota pelajar terbaik di dunia. Foto: iStock

Jakarta - Hampir setiap daerah memiliki sekolah, akademi, dan universitas. Namun di setiap negara, ada beberapa daerah yang dikenal sebagai kota pelajar. Setiap tahun riset dilakukan untuk mengetahui kota pelajar mana yang dinilai terbaik. Di 2019, sayangnya belum ada kota di Indonesia yang masuk dalam daftar. London pun kembali terpilih menjadi kota terbaik untuk para pelajar.

Perusahaan marketing edukasi QS kembali merilis daftar kota pelajar terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk kuliah di luar negeri. Hasil itu pun didapatkan dari berbagai penilaian, termasuk percampuran mahasiswanya, aktivitas para pekerja kampus, keterjangkauan, seberapa besar kota itu diinginkan, pemandangan yang bisa dinikmati mahasiswa, dan bagaimana performa para universitas di setiap kota.

Kota yang masuk dalam daftar kebanyakan datang dari Eropa, seperti London, Berlin, dan Zurich. Sedangkan di Asia, Tokyo dan Seoul dinilai sebagai kota terbaik untuk menimba ilmu. Adapun dari Amerika, Montreal menjadi satu-satunya kota pelajar yang nilai paling baik.



Berdasarkan penelitian itu pun terungkap pula hal-hal yang diinginkan para mahasiswa ketika ingin kuliah di luar negeri. Dikatakan jika 81% responden mencari kota yang aman dan menerima mereka sebagai mahasiswa internasional. 62% mengaku mencari kota yang biaya hidupnya lebih terjangkau, sedangkan 61% ingin kuliah di kota dengan universitas dengan pengajaran berkualitas.

London, kota pelajar terbaik di dunia 2019.London, kota pelajar terbaik di dunia 2019. Foto: Juni Martini/d'Traveler


Mahasiswa internasional biasanya hidup jauh dari orangtua dan butuh lebih banyak uang. Karena itu, 59% dari responden juga mencari kota di mana mereka bisa kuliah dambil bekerja. Berdasarkan hal-hal tersebut, berikut 10 kota pelajar terbaik di 2019.

1. London, Inggris
2. Tokyo, Jepang
3. Melbourne, Australia
4. Munich, Jerman
5. Berlin, Jerman
6. Montreal, Kanada
7. Paris, Prancis
8. Zurich, Swiss
9. Sydney, Australia
10. Seoul, Korea Selatan

Simak Video "Benar Atau Nggak Sih Tikus Doyan Makan Keju?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)